VOKASI UNAIR

Tekan Angka HIV AIDS, D3 Keperawatan Gelar AIRCHIV (Airvorse Care HIV AIDS)

Potret kegiatan AIRCHIV (Airvorse Care HIV AIDS) di beberapa SMA

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar kegiatan AIRCHIV (Airvorse care HIV AIDS). Kegiatan ini bertajuk “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS” yang berupa penyuluhan terkait bahaya dan cara pencegahanan HIV dan AIDS kepada siswa SMA. AIRCHIV berlangsung pada tanggal 15 Mei, 19 Mei, dan 23 Mei 2023 di beberapa SMA daerah Gresik dan Lamongan (SMANU 1 Gresik, SMAN 1 Menganti, SMAN 2 Lamongan, MAN 1 Lamongan, dan SMA Semen Gresik).

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah dan mudah terkena berbagai macam infeksi. Sedangkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh virus HIV. Hingga sampai saat ini, penyakit ini belum ditemukan obat yang dapat meneymbuhkannya, Namun, untuk menekan pertumbuham atau perkembangan virus dapat melakuakn terapi antiretroviral.

Tujuan diadakannya AIRCHIV yakni untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya mencegah HIV AIDS pada remaja dan sebagai branding program studi D-III Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga ke siswa/siswi SMA.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menekan angka HIV AIDS di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan dan meningkatnya derajat kesehatan di Indonesia.

Baca juga Airvorse Field Study Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual

Penulis : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!