VOKASI UNAIR

Upgrading Hima Manajemen Perhotelan: Progresif dan Proaktif

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Manajemen Perhotelan telah mengadakan acara Upgrading HIMA pada tanggal 4 dan 5 Maret 2023 bertempat di Villa Damar Sewu Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan proaktifitas HIMA Manajemen Perhotelan dalam menjalankan program kerja yang ada.

Meningkatkan Kepengurusan

Dalam meningkatkan kepengurusan HIMA, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan. Pertama, menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai melalui proses peningkatan. Hal ini harus selaras dengan keseluruhan misi dan visi organisasi. Kedua, mengembangkan rencana strategis terperinci yang menguraikan langkah-langkah spesifik, sumber daya, dan jadwal yang diperlukan untuk peningkatan. Rencana ini harus membahas setiap area yang diidentifikasi untuk peningkatan dan mengalokasikan tanggung jawab kepada individu atau tim yang relevan.

Selain itu, HIMA Manajemen Perhotelan harus berinvestasi dalam teknologi dan infrastruktur. Evaluasi kebutuhan teknologi organisasi dan berinvestasi dalam alat, perangkat lunak, atau peralatan yang sesuai untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan komunikasi. Hal ini mungkin melibatkan peningkatan sistem komputer, mengadopsi solusi perangkat lunak baru, atau meningkatkan infrastruktur jaringan.

Kemudian, meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan. Identifikasi kesenjangan keterampilan dalam organisasi dan sediakan program pelatihan dan pengembangan untuk mengatasi kesenjangan tersebut. Menawarkan mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, dan dorong budaya pembelajaran berkelanjutan. Merampingkan proses juga menjadi hal yang penting. Meninjau dan mengoptimalkan proses yang ada untuk menghilangkan inefisiensi dan meningkatkan produktivitas. Dorong umpan balik dan keterlibatan karyawan untuk mengidentifikasi kemacetan dan menerapkan alur kerja yang disederhanakan.

Terakhir, menumbuhkan budaya organisasi yang positif. Menumbuhkan lingkungan kerja yang mendukung dan inklusif yang mendorong kolaborasi, inovasi, dan keterlibatan. Hal ini dapat dicapai melalui komunikasi yang efektif, pengakuan prestasi, dan memberikan kesempatan untuk pertumbuhan karir.

Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Selain meningkatkan kepemimpinan, HIMA Manajemen Perhotelan juga harus meningkatkan partisipasi mahasiswa. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang terperinci yang menguraikan tindakan dan inisiatif yang diperlukan untuk meningkatkan HIMA. Strategi untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa, meningkatkan saluran komunikasi, memupuk rasa memiliki, dan menyediakan layanan dan program yang berharga.

Komunikasi yang efektif juga menjadi hal yang penting untuk menjangkau badan kemahasiswaan dan menginformasikan mereka tentang kegiatan, prakarsa, dan peluang HIMA. Ini bisa termasuk menggunakan platform media sosial, membuat situs web, atau mengatur pertemuan rutin balai kota. HIMA juga harus memperkuat pengembangan kepemimpinan dengan berinvestasi dalam program dan pelatihan pengembangan kepemimpinan untuk anggota HIMA. Ini dapat mencakup lokakarya, seminar, program pendampingan, atau peluang jaringan untuk meningkatkan keterampilan mereka di berbagai bidang seperti kerja tim, komunikasi, manajemen acara, dan pemecahan masalah.

Mengembangkan Sistem Pengelolaan Keuangan yang Transparan dan Efisien

Selain itu, HIMA Manajemen Perhotelan juga harus merampingkan proses pengorganisasian acara dan aktivitas dengan menetapkan panduan yang jelas dan prosedur operasi standar. Dorong kreativitas dan inovasi dalam perencanaan acara untuk memberikan pengalaman yang menarik dan relevan bagi siswa. Mengembangkan sistem pengelolaan keuangan HIMA yang transparan dan efisien juga merupakan hal yang penting. Ini termasuk penganggaran, pelaporan keuangan, dan strategi penggalangan dana untuk memastikan keberlanjutan dan dukungan organisasi untuk inisiatifnya.

Upgrading HIMA Manajemen Perhotelan telah berhasil meningkatkan kualitas dan proaktifitas HIMA dalam menjalankan program kerja yang ada. HIMA Manajemen Perhotelan semakin menjadi prodi yang progresif dalam mengembangkan potensi mahasiswa di bidang manajemen perhotelan. Dengan mengikuti acara ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru serta meningkatkan partisipasi dalam organisasi.

Penulis : Ferry Koes

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!