VOKASI UNAIR

Apa Benar Mengakses Jurnal Lebih Mudah dengan Menggunakan Open VPN UNAIR ?

Tampilan Aplikasi Open VPN saat Akses Jurnal

VOKASI NEWS – Seringkali mahasiswa bingung ketika mencari jurnal untuk tugas kuliah. Banyak juga dari mereka yang sudah menemukan jurnal yang pas tetapi masih memerlukan akses untuk membuka atau mendownloadnya.  Dan banyak dari mereka yang kebingungan dan alhasil hanya mencari dari situs-situs yang tidak valid. Banyak juga mahasiswa membuka dari platfroam jurnal yang seenaknya aja demi mendapatkan jurnal, tetapi hasil dai jurnal yang di dapatkan juga banyak yang tidak valid, bahkan hanya sebagian saja.

Dalam hal ini juga terdapat beberapa kampus yang sudah menyediakan dan berlangganan dengan platfroam – platfroam jurnal resmi bahkan internasional. Seperti Universitas Airlangga, dalam perpustakaan Universitas Airlangga sudah menyediakan jurnal – jurnal yang berlangganan yang bisa membantu para mahasiswa untuk mencari jurnal-jurnal guna memenuhi tugas mereka.  Untuk mengakses jurnal – jurnal ternama dan caranya juga mudah yaitu dengan mendownload aplikasi “OpenVPN” yang sudah tersedia di website Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya (unair.ac.id) di sana kita akan di sediakan tutorial mendownload open vpn unair.

OpenVPN merupakan hasil karya tim Direktorat Sistem Informasi dan Digitalisasi (DSID). OpenVPN baru di ujicobakan pada akhir tahun 2021 dan sudah di sosialisasikan kepada sivitas akademika yang mengikuti Library Class. Jenis koneksi VPN yang akan digunakan adalah koneksi VPN Remote Access, yaitu Civitas Akademik Universitas Airlangga akan terkoneksi kedalam jaringan kampus dimana seluruh transfer data akan dilewatkan melalui jaringan Kampus. Hal ini dapat digambarkan, bahwa seolah-oleh Civitas Akademik secara fisik berada didalam lingkungan kampus dan sedang menggunakan koneksi internet dari dalam lingkungan kampus walaupun lokasi fisik yang sebenarnya berada diluar kampus.Tujuan di buatnya OpenVPN ini untuk memfasilitasi sivitas akademika yang berada diluar jaringan internet kampus, sivitas akademika dapat memasang OpenVPN di gadget atau PC masing-masing. Dengan adanya OpenVPN ini juga bisa memudahkan para mahasiswa untuk mengakses jurnal diluar kampus bahkan juga jurnal-jurnal ternama.

Cara Akses Jurnal Melalui OpenVPN

Adapun jurnal-jurnal yang bisa diakses melalui OpenVPN yaitu, Scopus, Sinta, ProQuest, SAGEjournals, nature, emerald insight, oxford academic, dan masih banyak lagi yang bisa diakses melalui OpenVPN Unair. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi mahasiswa mahasiswi Universitas Airlangga untuk mengakases jurnal yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu saja, dalam mengakases jurnal tersebut juga bisa melalui laptop sendiri-sendiri atau bisa datang langsung ke perpustakaan Univeristas Airlangga di lantai 2 bagian akses jurnal. Cara dalam mengakases cukup mudah dan tidak membingungkan para mahasiswa, berikut tata caranya :

  • Akses cak.unair.ac.id
  • Login menggunakan cybersampus dan aktivasi OpenVPN
  • Download OpenVPN (aplikasi) dan Config.ovpn (konfigurasi)
  • Install aplikasi, jika sudah buka dan drag config.ovpn yang sudah didownload
  • Masukkan ID tuliskan username dengan NIM dan password dengan password cyber
  • Jika sudah switch tombol connected
  • Kemudian akses Fulltext eResources
  • Yang terakhir buka kembali website lib.unair.ac.id

Jika sudah melakukan tata cara diatas kita tinggal mengakses dan mencari jurnal diplatfroam yang sudah dilanggan perpustakaan Universitas Airlangga. Jadi tunggu apalagi bagi kalian para mahasiswa mahasiswi Universitas Airlangga ayo besama-sama manfaatkan kesempatan ini. Karena tidak semua perguruan tinggi memiliki akses jurnal diberbagai layanan bahkan sampai internasional. So, ayo bersama-sama kita memanfaatkan dan mengakses jurnal melalui OpenVPN agar pencarian jurnal lebih mudah dan lebih efesien.

Penulis : Fani Kurnia Sindi

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!