VOKASI UNAIR

Manfaat dan Dampak Social Media Bagi Masyarakat

Ilustrasi Seseorang yang Bermain Media Sosial di Internet (Sumber: Dokumen Penulis)

VOKASI NEWS – Social Media adalah sebuah situs online, dengan penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring social, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring social, dan wiki merupakan bentuk social media yang sering maupun paling banyak di gunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Berbeda halnya dengan media tradisional, media tradisional merupakan alat untuk mengkomunikasikan atau menginformasikan suatu pesan kepada masyarakat melalui verbal, gerakan, lisan, dan visual yang di terima dengan baik oleh masyarakat.

Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein jenis Media Sosial di bagi menjadi 6 bagian yaitu:

  1. Collaborative Project merupakan sebuah web maupun situs yang memunginkan adanya kerjasama dalam kreasi konten yang di lakukan oleh pengguna secara simultan. Misalnya bebrapa situs jenis ini mengijinkan para penggunanya untuk menambah, menghilangkan, atau mengubah konten.
  2. Blogs merupakan bentuk media social yang paling awal yang tumbuh sebagai web pribadi dan umumnya menampilkan date-stamped started dalam bentuk jenis blog yang berbasis teks.
  3. Content communities sebuah situ syang memiliki tujuan untuk berbagi konten media kepada par pengguna yang di dalamnya berisi teks, foto, video, powerpoint presentation. Para pengguna tidak perlu membuat halaman profil pribadi
  4. Social networking sites memungkinkan para penggunauntuk terhubung dengan menciptakan informasi profil pribadi dan mengundang tean serta kolega untuk mengunjungi profil dan mengirim surah elektronik serta peran instan. Contoh dari social networking sites adalah Facebook, Instagram, Myspace dan Google+
  5. Virtual games world merpakan platform yang mereplikasi lingkungan kedalam bentuk tiga dimensi yang membuat para pengguna tampil dalam benutk avatar pribadi dan berinteraksi berdasarkan aturan-aturan permainan.
  6. Virtual social word memungkinkan para inhabitan untuk memilih perilaku secara bebas dan untuk hidup dalam bentuk avatar dalam sebuah dunia virtual yang sama dengan kehidupan yang nyata. Contohnya adalah second.

Manfaat media sosial untuk kehidupan sehari-hari, yaitu:

Memperluas Lingkar Pertemanan

Melalui media sosial, kita dapat bertemu dan berkenalan dengan orang baru terutama jika bergabung dengan suatu komunitas. Dengan adanya media sosial kita bisa dengan bebas berkumpul secara virtual dan tetap menjaga tali pertemanan.

Penunjang Bisnis yang sedang Dirintis

Bagi orang-orang yang memiliki bisnis rumahan, media sosial berperan sebagai salah satu platform untuk mempromosikan produk yang di jual. Tidak sedikit nama-nama bdan usaha kecil yang kini telah berkembang dan di kenal banyak orang karena kerap memasarkan dagangannya melalui media sosial.

Mendapat Ilmu Baru

Tak hanya di gunakan untuk berkomunikasi atau meyebarkan konten-konten hiburan. Media sosial juga di gunakanuntuk memberi materi edukatif bagi para pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Hal ini dapat membantu mereka yang ingin meningkatkan skill namun tidak dapat mengikuti kelas khusus karena terkendala biaya.

Memberikan Bantuan Bagi yang Membutuhkan

media sosial juga dapat di gunakan sebagai sarana untuk mencari maupun memberikan bantuan kepada masyarakat yang sedang membutuhkan mulai dari donasi dampai dengan bantuan medis.

Media sosial berperan penting bagi kehidupan sehari-hari. Cara untuk menjaga privasi di media sosial seperti :

Periksa Kembali Informasi yang akan Dibagikan

Suatu hal yang sering terlewatkan dalam menyebarkan sebuah informasi yang di dapat dari media sosial yaitu memastikan bahwa informasi tersebut benar adanya atau tidak. Hal itu dapat menyebabkan isu-isu hoax jika informasi tersebut salah akan tetapi tetap di sebarluaskan.

Memastikan Postingan yang Dibagikan Tidak Mengandung Isu Sensitive

apabila anda ingin membagikan konten tersebut, maka anda harus memastikan konten tersebut tidak mengandung isu-isu sensitive atau SARA. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kesalah pahaman antara pengguna media sosial atau adanya tuduhan ujaran kebencian

Hindari Menyebarkan Data Pribadi Orang Lain

Sebelum memngunggah sesuatu pastikan anda tidak mencantumkan data pribadi maupun privasi orang lain. Jika hal tersebut terjadi maka di pastikan akan menimbulkan cekcok antara satu sama lain.

Selektif Memilih Konten maupun Figure yang Diikuti

Pengguna harus pandai memilih konten apa saja yang pantas dan baik agar anda senantiasa nyaman menggunakan sosial media.

Referensi

  1. Nurul f. (2021), Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat,
  2. Adinda. (2023), 4 Manfaat Media Sosial dalam Kehidupan Kita Sehari-hari.
  3. P. (2022), Pengertian Media Sosial dan Jenis-jenisnya

Penulis: Fadilla Alvi Az-zahro

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!