VOKASI UNAIR

Sumber Informasi Akademik: Penelitian, Tugas Akademik, dan Kebutuhan Informasi Mahasiswa

Gambar Sekumpulan Mahasiswa yang Sedang Membaca Buku di Suatu Perpustakaan (Sumber: Dokumentasi Penulis)

VOKASI NEWS – Dalam meningkatkan kualitas sumber daya informasi Lembaga Pendidikan, keberadaan perpustakaan sebagai pusat informasi sangat di perlukan. Namun untuk mewujudakn minat pengguna dan menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber daya informasi diperlukan strategi yang berbeda, fasilitas pendukung, serta manajemen dan layanan yang professional.

Di era digital saat ini,akses informasi sangat penting dalam proses pembelajaran dan penelitian. Meskipun internet telah menyediakan akses informasi yang luas, perpustakaan terus menjadi sumber informasi yang tidak ternilai bagi siswa. Perpustakaan Universitas menawarkan berbagai sumber daya untuk mendukung kegiatan akademik,baik dalam bentuk cetak maupun digital.

 Perpustakaan Dalam Mendukung Penelitian

Keberadaan Perpustakaan memainkan peraan kuncii dalam menukung penelitian di lingkungan Akademik.Mereka menyedikan akses ke database yang luas,jurnal ilmiah dan arsip institusional dari hasil penelitian sebelumnya.Dengan adanya layanan pencaraian,perpustakaan juga mendukungh mahasiswa dalam mencari sumber-sumber penting untuk topik penelitian mereka.

Penunjang Tugas Akademik

Perpustakaan merupakan tempat yang penting bagi mahasiswa untuk melakukan tugas akademiik nya. Mereka dapat mengakses buku teks, buku referensi, dan bahan sumber lain yang terkait dengan mereka butuhkan sehingga dapat mempermudah mahasiswa untuk keperluan tugas akademik nya. Selain itu perpustakaan juga memiliki ruang belajar yang nyaman dan terdapat fasilitas-fasiitas yang dapat mereka gunakan, seperti komputer, meja, kursi, dan lain-lain.

Sumber Informasi yang Tersedia di Perpustakan

Terdapat 3 sumber informasi yang tersedia di perpustakaan yaitu:

Sumber Data Primer

Berikut adalah literatur utama yang akan sering Anda temui dan gunakan saat mencari informasi untuk mendukung penulisan penelitian dan wawasan, baik dalam bentuk tesis, disertasi dan tesis, serta laporan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah dan publikasi. dalam bentuk lain.

  1. Paten, yaitu dokumen paten itu sendiri dan pernyataan paten.
  2. Dokumen, adalah dokumen resmi, seperti sertifikat pemerintah dari pemilik penemuan, bahwa pemegang paten berhak menggunakan atau menjualnya dalam jangka waktu tertentu.
  3. Standar, standar adalah aturan formal yang berlaku untuk semua bidang industri dan bisnis dan mencakup pengujian, ekspresi, definisi dan simbol, desain dan penampilan atau spesifikasi kinerja, kode dan aturan, dan hal-hal teknis lainnya.
  4. Naskah, Naskah yang ditulis untuk makalah rapat dan prosiding konferensi, atau presentasi yang disiapkan/ditulis untuk rapat atau konferensi dan disampaikan atau dipresentasikan oleh penulis biasanya disebut sebagai pracetak atau makalah rapat atau konferensi.
  5. Laporan. Definisi ini merupakan laporan dari sudut pandang bidang iptek, dan laporan ini sering disebut sebagai laporan penelitian dan pengembangan. Namun juga berlaku untuk bidang lain seperti pendidikan dan kehidupan usaha, misalnya sesuai dengan perkembangan bidang lain.
  6. Tesis dan Disertasi Akhir, tesis akhir adalah karya ilmiah terakhir yang harus dipresentasikan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kuliah magisternya. Disertasi adalah karya ilmiah terakhir yang harus diserahkan mahasiswa sebagai bagian dari studi doktoralnya.
  7. Artikel ilmiah, disajikan sebagai makalah penelitian di seminar, konferensi, dll. Selain itu, hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk laporan, baik untuk mendokumentasikan penelitian maupun sebagai persyaratan administrasi kepada pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan penelitian.
  8. Terbitan berseri, terbitan berseri adalah setiap terbitan yang terbit sebagian, tidak terbit sekaligus, yaitu ditandai secara numerik atau kronologis, dan yang biasanya muncul untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Dengan demikian, publikasi dapat diklasifikasikan dalam jenis edisi serial, dalam hal edisi serial, berdasarkan volume, nomor atau bulan dan tahun. Misalnya majalah, tabloid, berita, buletin dan majalah.
Sumber Data Sekunder

Sumber data sekunder adalah segala jenis ringkasan dari sumber primer dan alat untuk menemukan sumber primer. Contohnya termasuk ensiklopedia, kamus, bibliografi, koleksi indeks, koleksi ringkasan, sumber biografi, dan katalog perpustakaan.

Sumber Data Tersier

Sumber tersier adalah rangkuman dari sumber sekunder, misalnya:

  1. Indeks abstrak, Misalnya, koleksi abstrak yang diterbitkan dalam format jurnal biasanya dilengkapi dengan indeks penulis dan indeks subjek. Indeks abstrak berfungsi sebagai alat untuk menemukan bibliografi tertentu dengan cepat.
  1. Daftar pustaka, suatu daftar pustaka yang diterbitkan dalam format majalah dapat digunakan sebagai alat untuk menemukan daftar pustaka tertentu dengan cepat.

Referensi 

  1. https://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/1799/InfoPen.html?sequence=1&isAllowed=y
  2. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/820434/mod_resource/content/1/Informasi%20dan%20Sumber%20Informasi.pdf 

Penulis: Rani Yunitasari

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!