VOKASI UNAIR

Let’s Create Something New and Fun: Fasilitasi untuk Ekspresikan Diri

Gambar Tampilan Aplikasi Canva (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

VOKASI NEWS – Let’s Create Something New and Fun, sebuah wadah yang dapat memfasilitasi untuk mengekspresikan diri

Informasi dan Perkembangan Medianya

Era dimana teknologi mengiringi segala aktivitas manusia dengan berbagai macam bentuk. Kebutuhan akan informasi kini erat kaitannya dengan teknologi, contohnya dengan terciptanya alat-alat canggih atau sarana prasarana yang memudahkan kita dalam mengakses, mengelola, dan menyebarluaskan informasi. Penciptaan media untuk menunjang segala informasi ini menjembatani manusia untuk dapat lebih berkembang dan mengekspresikan diri dengan hadir dalam bentuk aplikasi canggih dan serbaguna bernama yang memiliki fitur-fitur praktis namun sangat lengkap bernama Canva.

Tentang Canva

Canva diluncurkan pada tahun 2013 dengan fitur yang masih sangat minimalis. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan Canva cukup signifikan dimana kini sudah lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan, lebih dari 13 miliar desain yang telah dibuat, tersedia di 190 negara dengan lebih dari 100 bahasa yang tersedia. Perkembangan Canva yang dapat dilihat adalah mulai dari tampilan yang kini lebih modern dan praktis, fitur yang bertambah, tersedia banyak sekali template dan pilihan kanvas, juga layanan berbayar seperti Canva Pro dan Canva for Enterprise. Tidak hanya membuat desain dengan format gambar, namun kita juga dapat membuat desain dengan format gambar bergerak atau video. Aplikasi Canva sendiri kini banyak digunakan dan dimanfaatkan manusia untuk membuat desain termasuk bertujuan untuk penyebaran informasi melalui visual yang memukau.

Let’s Create Something New and Fun With Canva

Dalam usaha memanfaatkan sarana prasarana yang ada di perpustakaan atau Library Laboratory (LibLab), muncul gagasan yakni berlangganan Canva Pro atau Canva berbayar yang memiliki banyak sekali keuntungan. Gagasan ini muncul karena keterbatasan penulis sebagai mahasiswa dalam mengakses Canva berbayar dikarenakan adanya ketentuan untuk elemen-elemen tertentu yang hanya dapat dipilih dan dipergunakan bila kita berlangganan setiap bulan atau tahun.

Kisaran harga Canva Pro dirasa cukup merogoh kocek yang lumayan terutama bagi kalangan pelajar atau mahasiswa. Keterbatasan tim atau berapa orang yang dapat menjadi bagian dari tim juga menjadi kendala ketika dirasa ingin melanggan, maka dari itu, muncul sebuah pemikiran bahwa Canva Pro dapat menjadi suatu layanan yang nantinya akan menjadi sasaran mahasiswa untuk membuat suatu karya dan merealisasikannya melalui media tersebut.

Terdapat 2 mekanisme yang ditawarkan, yakni :

  1. Dengan berlangganan bulanan/tahunan dan pengguna menggunakan 1 email yang sama. Pengguna yang menggunakan Canva hendaknya membawa flashdisk atau mengirimkan hasilnya ke ponsel masing-masing, lalu setelah itu menghapus file yang sebelumnya dibuat untuk menghindari tindakan pencurian atau plagiarism. Kelebihan dari opsi ini adalah terbuka untuk umum atau tidak memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku, namun kekurangannya yakni karya rawan plagiasi jika tidak dihapus.
  2. Dengan berlangganan bulanan/tahunan dan pengguna dapat menggunakan email pribadi dan menjadi bagian dari tim UNAIR. Opsi ini diikuti dengan adanya syarat dan ketentuan yang berlaku. Kelebihan dari opsi ini adalah karena dengan email pribadi, pengguna dapat menggunakan Canva dimanapun dan kapanpun. Sedangkan kekurangannya yakni tidak terbuka untuk umum atau proses lebih panjang.

Keberlanjutan

Manfaat dari adanya inovasi layanan “Let’s Create Something New and Fun With Canva” adalah sarana dan prasarana yang ada akan termanfaatkan dengan baik dengan tujuan untuk menunjang aktivitas manusia juga kebutuhan akan informasi. Dengan adanya inovasi ini, pengguna dapat membuat beragam karya untuk dapat memvisualisasikan informasi dengan sebaik-baiknya.

Contohnya membuat poster, infografis, presentasi, postingan social media, majalah, brosur, pamphlet, banner, buku, video, dan lain-lain. Harapan dari adanya inovasi layanan ini adalah mahasiswa akan merasa terbantu dan dapat mengekspresikan diri tanpa perlu memikirkan keterbatasan. Selain itu, harapan untuk inovasi ini adalah dapat menjadi suatu inovasi yang membangun dan berkelanjutan.

Penulis: Anindhita Naomi Stridaniswari

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!