VOKASI UNAIR

Percaya Diri: Salah Satu Hal Terpenting Bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Ilustrasi Pentingnya Percaya Diri (Sumber : Grid.ID)

VOKASI NEWS – Percaya diri merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki seorang mahasiswa agar menjadi sukses. Percaya diri merupakan kemampuan seseorang untuk mengontrol perasaan dan kekuatan diri sendiri sehingga mampu sadar dengan kemampuan yang dimiliki. Mahasiswa dipercaya harus memiliki sifat percaya diri karena hal tersebut dapat menghasilkan hal-hal positif yang bermanfaat untuk kehidupan diri sendiri, terutama didalam lingkungan perkuliahan.

Manfaat percaya diri. Terdapat banyak manfaat yang dihasilkan dari sifat percaya diri bagi mahasiswa. Salah satunya sebagai berikut:

Mampu Mengeksplorasi Hal-Hal Baru.

Hal tersebut dapat terjadi karena individu tersebut tidak takut dan memiliki keyakinan akan diri sendiri mengenai sesuatu yang akan dilakukan. Dengan memiliki kepercayaan diri yang kuat, individu tersebut akan menganggap bahwa setiap langkahnya merupakan pengalaman dan pengetahuan baru yang bermanfaat untuk mengembangkan kualitas diri.

Meningkatkan Motivasi Diri.

Ketika kepercayaan diri mahasiswa tumbuh, mahasiswa cenderung akan mengambangkan kemampuan dan mengambil resiko akan tantangan yang akan dihadapi. Dengan kepercayaan diri dan motivasi yang kuat, mahasiswa akan tetap bertindak dan merasa bersemangat untuk mencapai tujuan tersebut.

Menjadi Pribadi Yang Tidak Takut Gagal.

Pemikiran akan takut gagal mungkin sering dialami oleh setiap individu, namun dengan kepercayaan diri yang besar memungkinkan individu tersebut menjalani kebebasan akan keraguan dan pikiran negatif tentang diri sendiri. Kegagalan merupakan sebuah proses membentuk pribadi yang lebih baik, dan hal tersebut dapat dimulai dengan kepercayaan diri sendiri untuk mencoba.

Tidak jarang mahasiswa yang mungkin merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh individu tersebut yang belum memahami atau mengenal dengan baik keterampilan dan kemampuan diri sendiri. Oleh karena itu, berikut terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan mahasiswa untuk membangun rasa percaya diri:

Bangun Motivasi Atau Tujuan Yang Kuat.

Langkah pertama yaitu mahasiswa harus memiliki motivasi atau tujuan yang kuat mengenai apa yang akan dilakukan. Fokuskan dan hibur diri sendiri dengan memikirkan hasil dari apa yang akan dilakukan kedepannya. Dengan memiliki motivasi dan tujuan yang jelas, hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa.

Keluar Dari Zona Nyaman.

Menjadi mahasiswa merupakan kesempatan bagi mahasiswa tersebut untuk mengeksplor dan menjelajah. Semakin luas pengalaman yang mahasiswa eksplor, akan semakin luas juga peluang mahasiswa untuk mengembangkan kepercayaan diri.

Mengubah Perspektif Atau Sudut Pandang.

Terkadang, pikiran buruk akan cenderung mendominasi di situasi-situasi genting. Oleh karena itu, cobalah untuk mengubah perspektif dan meletakkan sudut pandang kita kepada sudut pandang lain. Anggaplah kegagalan yang mungkin akan terjadi merupakan sebuah kesempatan dan batu loncatan bagi individu untuk mencapai sesuatu yang lebih baik lagi.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai kepercayaan diri yang dipercaya menjadi salah satu hal penting untuk dimiliki oleh mahasiswa. Jadikan kesempatan selama masa kuliahmu menjadi peluang untuk mengembangkan kualitas diri dengan percaya diri untuk mencoba sesuatu yang baru. Kepercayaan diri yang tinggi memang tidak menjamin kesuksesan mahasiswa, namun semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin besar juga peluang mahasiswa untuk berkembang menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman untuk berkembang ya Voks!

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!