VOKASI UNAIR

Aspek Penting Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Aspek penting yang harus dimiliki mahasiswa vokasi

VOKASI NEWS – Mahasiswa merupakan seseorang yang sedang melakukan atau menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tugas utama seorang mahasiswa yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan dan belajar sesuai dengan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa. Begitupun dengan mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, sebagai mahasiswa kita harus berusaha untuk meningkatkan pendidikan dan kualitas diri sendiri selama perkuliahan. Berikut terdapat beberapa aspek penting yang harus dimiliki mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang berkualitas:

Manajemen Waktu

Sangat penting bagi mahasiswa untuk sepenuhnya mandiri dan cerdas dalam mengatur waktu dan memprioritaskan kegiatan sekaligus tugas sebagai mahasiswa. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi mahasiswa untuk memiliki keterampilan dalam manajemen waktu. Mahasiswa dapat mulai dengan memprioritaskan kegiatan dan kewajiban yang harus dan penting untuk dilakukan terlebih dahulu. Hindari mengatur waktu yang memiliki waktu berdekatan dengan kegiatan lain. Manajemen waktu mahasiswa yang baik yaitu manajemen dimana kegiatan perkuliahan mahasiswa seimbang dengan kebutuhan mahasiswa sebagai manusia. Kemampuan untuk mengatur banyak kegiatan secara terorganisir dan efisien dengan memprioritaskan tugas dengan cerdas tidak hanya bermanfaat ketika menjadi mahasiswa, namun juga akan bekerja dengan baik di dunia kerja kemudian.

Bertanggung Jawab

Seperti yang kita ketahui, tugas utama mahasiswa yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan dan berkomitmen dengan apa yang memang seharusnya menjadi tanggung jawab mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa harus dapat berkomitmen dengan apa yang sudah mahasiswa putuskan. Sebagai mahasiswa, mahasiswa tidak hanya harus bertanggung jawab terhadap kewajiban di dalam kelas, namun juga tanggung jawabnya diluar kelas. Mahasiswa yang berkualitas merupakan mahasiswa yang dapat memprioritaskan tanggung jawabnya.

Keterampilan Berkolaborasi

Sebagai mahasiswa, memang pada dasarnya segala kegiatan dan tugas tidak dapat bergantungan dengan mahasiswa ataupun individu lain. Namun, sangat penting juga bagi mahasiswa untuk dapat bekerja secara efisien dan tepat dalam berkelompok atau berkolaborasi dalam suatu project atau kegiatan. Dengan melakukan kegiatan kolaborasi yang baik, mahasiswa dapat diberi kesempatan untuk membangun hubungan relasi yang baik. Hasil baik tersebut nantinya yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan mahasiswa di perkuliahan maupun di dunia kerja nantinya.

Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal

Keterampilan dalam berkomunikasi sangat penting untuk dimiliki mahasiswa di perguruan tinggi. Hal tersebut karena komunikasi merupakan aspek yang pasti digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan baik antar sesama bergantung pada keterampilan komunikasi. Dengan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mahasiswa diharapkan dapat menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi di lingkungan kuliah. Oleh karena itu, mahasiswa harus mempelajari komunikasi interpersonal dengan baik karena dapat mempengaruhi penilaian orang lain kepada mahasiswa secara pribadi.

Menjunjung Tinggi Nilai Kejujuran Dan Integritas

Sebagai mahasiswa, belajar mengimplementasikan nilai-nilai dan etika pribadi ke setiap aspek kehidupan merupakan bagian penting dari pertumbuhan pribadi selama perkuliahan. Begitupun dengan nilai kejujuran dan integritas pribadi. Sebagai mahasiswa, hal tersebut dapat diimplementasikan dengan berperilaku jujur akan tugas yang diberikan. Selain itu, mahasiswa juga dapat menjunjung nilai integritas melalui belajar bagaimana agar bertahan dan tetap berkomitmen akan tujuan dan kewajiban yang mungkin terjadi pada situasi menantang bagi mahasiswa.

Nah, itu tadi beberapa aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa, terutama mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Dengan memiliki aspek penting tersebut, mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkan potensi dan kualitas diri agar mencapai hasil yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya Voks!

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!