VOKASI UNAIR

Pentingnya Public Speaking Bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Kegiatan Pelatihan Public Speaking

VOKASI NEWS – Public speaking atau berbicara di depan umum adalah kegiatan berkomunikasi secara lisan dengan audiens di depan umum. Kemampuan dalam public speaking merupakan kemampuan berkomunikasi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi mahasiswa, terutama mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Terdapat banyak manfaat yang didapatkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan public speaking.

Menunjukkan Keterampilan Komunikasi Yang Baik

Memiliki keterampilan komunikasi yang baik merupakan sesuatu yang perlu dimiliki oleh mahasiswa, terutama mahasiswa Fakultas Vokasi. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa nantinya diharapkan dapat terjun dalam dunia kerja yang mana berarti harus bekerja sama dengan anggota tim yang lain. Dengan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mahasiswa akan terbantu karena hal tersebut akan menunjukkan kemampuan komunikasi yang baik oleh orang lain. Dengan begitu, kegiatan yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain seperti negosiasi, diskusi atau rapat, dan presentasi kerja akan berjalan lebih baik. Selain itu, diketahui menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang baik juga dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk membangun relasi baru di berbagai peluang yang ada.

Menjadi Mahasiswa Yang Kritis

Melakukan kegiatan public speaking yang baik secara rutin atau berulang, secara tidak sadar akan meningkatkan juga skill berpikir kritis bagi mahasiswa. Hal tersebut karena mempersiapkan dan berbicara di depan umum membutuhkan pemikiran yang cermat mengenai topik yang dibahas. Dalam melakukan public speaking, mahasiswa tidak disarankan untuk menghafal, namun mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami dengan benar apa yang akan dibicarakan. Mahasiswa yang melakukan public speaking dituntut untuk mampu mencari cara terbaik dalam menyesuaikan pesan agar dapat tersampaikan dengan baik kepada para audience.

Mengembangkan Pengetahuan Mahasiswa

Untuk melakukan public speaking yang baik, biasanya diperlukan adanya latihan atau persiapan mengenai topik yang akan dibahas. Apalagi jika diharuskan menjadi public speaker di suatu acara, kita harus tahu dengan jelas poin-poin informasi yang akan disampaikan. Dengan melakukan riset tentang topik yang akan dibahas, tentu saja hal tersebut akan menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa mengenai topik baru. Semakin banyak latihan dan topik yang diketahui, akan semakin berkembang juga pengetahuan dan kualitas mahasiswa dalam public speaking.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang didapatkan mahasiswa jika memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan baik. Dengan memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang baik, mahasiswa Fakultas Vokasi diharapkan dapat menginspirasi dan membawa perubahan yang baik melalui pesan yang disampaikan. Kemampuan berbicara yang baik dapat dimiliki setiap mahasiswa Fakultas Vokasi dengan sering latihan dan tidak takut untuk memulai. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman untuk berani memulai ya Voks!

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!