VOKASI UNAIR

Aspek Inilah yang Perlu Dipersiapkan Sebelum ‘Nyemplung’ di Prodi Teknik Gigi UNAIR

Salah satu praktikum di prodi teknik gigi

VOKASI NEWS – Menelusuri kehidupan dalam kampus, sebagai calon mahasiswa penting untuk mempertimbangkan kembali saat mengambil langkah dalam memilih program studi. Program studi tentu akan membawa pengaruh besar terutama dalam kehidupan kampus dan kualitas pada individu. Tak terkecuali dengan prodi teknik gigi, sebelumnya teknik gigi sedikit berbeda dengan kedokteran gigi yang mempelajari ilmu kesehatan gigi dan mulut, prodi teknik gigi lebih fokus kepada pembuatan bahan yang berfungsi sebagai penunjang kebutuhan kesehatan gigi salah satunya yaitu prothesa (gigi buatan).

Uniknya dari program studi teknik gigi sendiri di Indonesia masih sedikit perguruan tinggi yang membuka program studi ini. Di sisi lain, kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dan langkanya lulusan teknik gigi tentu menjadi peluang yang besar dalam prospek kerja dan karir di kemudian hari. Namun sebelum memilih program studi teknik gigi, kira-kira persiapan apa saja sih yang diperlukan? Langkah tepat apa yang perlu kita ketahui? Berikut rangkuman beberapa aspek yang perlu dipersiapkan sebelum memilih program studi teknik gigi :

Ketahui syarat masuk dan tanggal pendaftaran

Jangan lupa untuk memperhatikan poin utama sebelum masuk ke program studi teknik gigi yaitu perhatikan tanggal pendaftaran dan syarat masuknya. Info pendaftaran dapat di update melalui website pmbb.unair.ac.id dan untuk pilihan program studi teknik gigi sendiri syarat masuk sama seperti program studi lain yaitu melalui tahapan seleksi berkas dan tes tulis.

Ketahui apa yang dipelajari

Sebagai calon mahasiswa penting banget untuk mengetahui dasar-dasar yang akan dipelajari sebelum mantap memilih program studi. Fakta menarik dari program studi teknik gigi sendiri adalah kamu akan belajar tentang anatomi dan skill lab dengan presentase 75% praktikum dan 25% teori.

Ketahui tingkat keketatan

Program studi teknik gigi saat ini memiliki banyak peminat. Tingkat keketatan program studi teknik gigi sendiri pada tahun 2022 sebesar 15,98% yang tergolong dalam kategori keketatan yang cukup tinggi.

Dari beberapa aspek di atas tentu bisa jadi pertimbangan bagi para calon mahasiswa dalam memilih program studi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang diharapkan. Catatan penting selalu perhatikan poin utama dalam memilih sebuah keputusan agar tidak salah langkah.

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!