VOKASI UNAIR

Kegiatan Seru Mahasiswa D3 Bahasa Inggris Diluar Kelas

Kegiatan luar kelas prodi D3 Bahasa Inggris

VOKASI NEWS – Halo Voks! Seperti yang kita ketahui bahwa di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga terdapat program studi D3 Bahasa Inggris. Pembelajaran di program studi D3 Bahasa Inggris nggak cuma melulu di dalam kelas loh. Yuk simak kegiatan seru mahasiswa D3 Bahasa Inggris selama di luar kelas!

Seperti yang perlu teman-teman tahu, sistem pembelajaran di program studi D3 Bahasa Inggris ini bukan hanya teori aja loh, tapi mahasiswa juga memiliki kegiatan praktikum. Praktikum dalam program studi ini tidak hanya mempraktekkan apa yang telah dipelajari di dalam kelas. Namun, mahasiswa D3 Bahasa Inggris juga diharuskan untuk mengimplementasikannya langsung secara meluas. Terdapat beberapa contoh kegiatan seru mahasiswa D3 Bahasa Inggris yang digunakan sebagai kesempatan untuk mempraktekkan pengetahuannya, tidak hanya dalam lingkup kampus namun juga masyarakat umum.

Salah satunya yaitu kegiatan “D3 Bahasa Inggris Goes to Blitar” yang pernah dilaksanakan mahasiswa D3 Bahasa Inggris di akhir semester. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa D3 Bahasa Inggris semester 3 sebagai salah satu penilaian Ujian Akhir Semester mata kuliah English for Tourism. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa mengunjungi beberapa tempat wisata di Blitar dan diberi arahan secara langsung mengenai hospitality dan tourism yang terdapat pada lokasi yang kunjungi sesuai dengan apa yang pernah diajarkan di perkuliahan. Selain itu, untuk mengimplementasikan bahasa inggris yang mana menjadi fokus program studi, jadi selama melakukan kunjungan tersebut mahasiswa D3 Bahasa Inggris diharuskan untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris. Mahasiswa tidak hanya berkomunikasi bahasa inggris dengan sesama mahasiswa. Namun, mahasiswa juga melakukan hal tersebut kepada setiap petugas maupun penduduk setempat. Dengan begitu, masyarakat setempat akan mulai mengerti dan penasaran untuk mempelajari bahasa inggris lebih baik.

Selain itu, pada tahun 2023 Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan Demo Day Bazar yang diikuti oleh 4 program studi, salah satunya yaitu D3 Bahasa Inggris. Dalam kegiatan bazar tersebut, bahasa inggris tidak hanya mengimplementasikan mata kuliah “Englishpreneurship” yang mana berfokus tentang kewirausahaan. Namun, mahasiswa D3 Bahasa Inggris juga mengimplementasikan konsep bahasa inggris dengan memberikan kegiatan lain selama penjualan dengan mengajak konsumen berkomunikasi bahasa inggris ataupun memberikan souvenir yang memiliki konsep pengetahuan mengenai bahasa inggris.

Tidak hanya itu, biasanya mahasiswa D3 Bahasa Inggris juga memiliki agenda “English Corner” yang dilakukan dalam lingkungan kampus. Dalam agenda ini, mahasiswa D3 Bahasa Inggris diharuskan untuk dapat berkomunikasi bahasa inggris dengan mahasiswa lain. Mahasiswa yang berpartisipasi pun tidak harus berasal dari program studi Bahasa Inggris, namun seluruh mahasiswa dapat berpartisipasi. Tujuan kegiatan ini bukan hanya untuk melatih kemampuan bahasa inggris para mahasiswa. Namun juga bertujuan agar mahasiswa lain minat dan berani untuk menunjukkan kemampuan diri mahasiswa dalam bidang bahasa inggris.

Nah itu tadi beberapa kegiatan mahasiswa D3 Bahasa Inggris diluar kelas. Masih ada banyak lagi loh kegiatan lain yang mungkin teman-teman belum tahu dari program studi D3 Bahasa Inggris. Jadi, yukk gabung menjadi bagian dari program studi D3 Bahasa Inggris 2023! Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya Voks!

Penulis: Puspa Anggun Pertiwi

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!