VOKASI UNAIR

Upgrading HIMA MH: Meningkatkan Progresivitas Program Kerja

VOKASI NEWS – Pada tanggal 4 dan 5 Maret 2023, HIMA Manajemen Perhotelan (MH) mengadakan kegiatan Upgrading HIMA dengan tema “Develop and build themselves in managing organization with family system to achieve goals“. Kegiatan ini bertempat di Villa Damar Sewu Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan progresivitas dan proaktifitas HIMA MH dalam menjalankan program kerja dan agenda yang ada di program studi Manajemen Perhotelan.

Meningkatkan Kepengurusan

Untuk meningkatkan kepengurusan, terdapat beberapa aspek yang perlu dilibatkan, tergantung pada tujuan dan tantangan spesifik yang ingin dikembangkan. Pertama, tetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai melalui proses peningkatan. Pastikan bahwa tujuan ini selaras dengan keseluruhan misi dan visi organisasi. Kedua, kembangkan rencana strategis yang menguraikan langkah-langkah spesifik, sumber daya, dan jadwal yang diperlukan untuk peningkatan. Rencana ini harus membahas setiap area yang diidentifikasi untuk peningkatan dan mengalokasikan tanggung jawab kepada individu atau tim yang relevan.

Selain itu, diperlukan investasi dalam teknologi dan infrastruktur agar produktivitas, efisiensi, dan komunikasi meningkat. Ini mungkin melibatkan peningkatan sistem komputer, mengadopsi solusi perangkat lunak baru, atau meningkatkan infrastruktur jaringan. Selain itu, perlu juga meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan dengan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan dalam organisasi dan menyediakan program pelatihan dan pengembangan untuk mengatasi kesenjangan tersebut.

Menumbuhkan Budaya Organisasi yang Positif

Untuk menumbuhkan budaya organisasi yang positif, perlu dilakukan beberapa hal. Pertama, menumbuhkan lingkungan kerja yang mendukung dan inklusif yang mendorong kolaborasi, inovasi, dan keterlibatan. Hal ini dapat dicapai melalui komunikasi yang efektif, pengakuan prestasi, dan memberikan kesempatan untuk pertumbuhan karir. Selain itu, perlu juga merampingkan proses dengan meninjau dan mengoptimalkan proses yang ada untuk menghilangkan inefisiensi dan meningkatkan produktivitas. Dorong umpan balik dan keterlibatan karyawan untuk mengidentifikasi kemacetan dan menerapkan alur kerja yang disederhanakan.

Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa

Upgrading HIMA MH juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan organisasi. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang terperinci yang menguraikan tindakan dan inisiatif yang diperlukan untuk meningkatkan HIMA. Selain itu, perlu juga dikembangkan strategi untuk meningkatkan saluran komunikasi, memupuk rasa memiliki, dan menyediakan layanan dan program yang berharga. Komunikasi yang efektif dapat dilakukan dengan menjangkau badan kemahasiswaan dan menginformasikan mereka tentang kegiatan, prakarsa, dan peluang HIMA. Ini bisa termasuk menggunakan platform media sosial, membuat situs web, atau mengatur pertemuan rutin balai kota.

Merampingkan Proses Pengorganisasian Acara dan Aktivitas

Dalam menjalankan program kerja dan agenda, HIMA MH perlu merampingkan proses pengorganisasian acara dan aktivitas dengan menetapkan panduan yang jelas dan prosedur operasi standar. Dorong kreativitas dan inovasi dalam perencanaan acara untuk memberikan pengalaman yang menarik dan relevan bagi siswa. Selain itu, perlu juga dikembangkan sistem pengelolaan keuangan HIMA yang transparan dan efisien. Ini termasuk penganggaran, pelaporan keuangan, dan strategi penggalangan dana untuk memastikan keberlanjutan dan dukungan organisasi untuk inisiatifnya.

Penulis: Ferry Koes

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!