VOKASI UNAIR

Kembangkan Sektor Pariwisata, Fakultas Vokasi UNAIR Gelar Pelatihan Digital Marketing di Desa Trowulan, Mojokerto

Pemateri Pelatohan Digital Marketing Hari Pertama

VOKASI NEWS – Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Damar Kristanto, S.E., M.SM menyelenggarakan pelatihan digital marketing kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Trowulan Kabupaten Mojokerto. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu sektor pariwisata di Kawasan desa Trowulan untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas, khsususnya turis mancanegara. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari penerapan program Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Airlangga.

Perlu diketahui bahwa kemampuan memasarkan produk di dunia maya atau digital marketing menjadi kunci untuk membangun bisnis pada era digital seperti sekarang ini, khususnya pada sektor pariwisata. Pelatihan ini digelar selama 2 hari pada Sabtu – Minggu, 22 – 23 Juli 2023 yang bertempat di Balai Desa Trowulan, Mojokerto.

Sebagai pemateri pertama sekaligus ketua pelaksana, Damar Kristanto, S.E., M.SM menyampaikan teknik pemasaran digital menggunakan media sosial. Hadir juga pemateri di hari pertama yakni Angkita Wasito Kirana, S.Hum., M.Hum yang menyampaikan materi tentang storytelling dan stroynomics dalam industri pariwisata. Serta Fridz Dwi Salfarrel, S.E yang menyampaikan materi tentang teknik pengambilan gambar sebagai media promosi.

Pada hari kedua, kegiatan pelatihan difokuskan pada praktek pengambilan gambar 360. Hadir pada kesempatan itu adalah M. Nilzam Aly, S.Hum., M.Sc yang menyampaikan tentang industri virtual reality pasca pandemic. Serta pemateri terakhir adalah Mohammd Iqbal Umar dan Muhammad Nasrul Amilin dari PT. Procie Oemah Rekam sebagai praktisi industri virtual yang mendampingi kegitan pengambilan gambar berbasis virtual reality 360.

Pemateri dari praktisi pengembangan virtual reality 360

Selain melibatkan dosen dan praktisi, kegiatan pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Rangkaian ini disambut antusias oleh pokdarwis, pemerintah desa, serta undangan yang hadir pada rangkaian kegiatan pelatihan tersebut.

Yusuf, selaku ketua pokdarwis Desa Trowulan sangat mendukung kegiatan yang telah diselengarakan ini. Harapannya kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan memberikan apresiasi kepada 3 peserta terbaik yang telah memposting foto dan caption tentang atraksi wisata di Desa Trowulan.

Penulis: M. Nilzam Aly

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!