VOKASI UNAIR

Penguatan Sektor Pariwisata, Fakultas Vokasi Memberikan Pelatihan Social Media Marketing Berbasis Ekowisata pada Pemuda Desa Pataan, Kabupaten Lamongan

VOKASI NEWS – Sebagai langkah penguatan sektor pariwisata, Nilzam Aly, S.Hum., M.Sc, dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga bersama,dengan tim dosen lain, praktisi, dan mahasiswa menyelenggarakan pelatihan social media marketing pada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Pataan Kabupaten Lamongan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu sektor pariwisata di desa Pataan untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas dikelola melalui prinsip-prinsip berkelanjutan. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari penerapan program Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Airlangga.

M. Nilzam Aly, S.Hum., M.Sc sebagai Ketua Pelaksana saat menyampaikan Sambutan

M. Nilzam Aly, S.Hum., M.Sc sebagai Ketua Pelaksana saat menyampaikan Sambutan

Dalam sambutannya, Nilzam sebagai ketua pelaksana menyampaikan bahwa program kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan rangkaian program berkelanjutan yang dilaksankan oleh unair kepada Desa Pataan. Melihat progress pengelolaan destinasi pariwisata yang perlu sentuhan digital, maka diperlukan pendampingan teknis seperti fotografi dan pelatihan penggunaan drone.

Perlu diketahui bahwa kemampuan memasarkan produk atau jasa melalui sosial media atau social media marketing menjadi kunci untuk membangun bisnis pada era digital seperti sekarang ini, khususnya pada sektor pariwisata.

Pelatihan Social Media Marketing

Pelatihan ini digelar pada Minggu 30 Juli 2023 yang bertempat di Balai Desa Pataan Kabupaten Lamongan. Desa Pataan memiliki daya tarik berupa Candi peninggalan era Kerajaan Majaphit, Camping Ground di hutan jati, Taman Airlangga, dan terdapat bukit tertinggi di Kabupaten Lamongan. Selain itu wisatawan juga bisa melakukan banyak aktifitas seperti wisata berburu, tracking, naik motor trail, dan aktifitas lainnya.

Damar Kristanto, SE., M.SM sebagai Pemateri Social Media Marketing

Damar Kristanto, SE., M.SM sebagai Pemateri Social Media Marketing

Sebagai pemateri pertama adalah Damar Kristanto, S.E., M.SM menyampaikan teknik pemasaran menggunakan media sosial dan storynomics. Hadir juga pemateri dari pihak praktisi  adalah Iqbal Umar dan Muhammad Nasrul yang memiliki rumah produksi Procie Oemah Rekam yang menyampaikan materi tentang Teknik fotografi dan pelatihan penggunaan drone. Hadir sebagai moderator adalah Dr. Bambang Suharto, SST., M.Par.

Tim Pelaksana saat Observasi di Lokasi Atraksi Wisata Desa Pataan, Taman Airlangga

Tim Pelaksana saat Observasi di Lokasi Atraksi Wisata Desa Pataan, Taman Airlangga

Kegiatan Praktek Penggunaan Drone di tengah Hutan Jati

Kegiatan Praktek Penggunaan Drone di tengah Hutan Jati

Selain melibatkan dosen dan praktisi, kegiatan pengabdin masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rangkaian ini disambut antusias oleh pokdarwis, pemerintah desa, serta undangan yang hadir pada rangkaian kegiatan pelatihan tersebut.

Wisnu, selaku ketua pokdarwis Desa Pataan sangat mendukung kegiatan yang telah diselengarakan ini. Harapannya kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan memberikan apresiasi kepada 3 peserta terbaik yang telah memposting foto dan caption tentang atraksi wisata di Desa Pataan.

Penulis: M. Nilzam Aly

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!