VOKASI UNAIR

Pengalaman PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Dental RSGM UNAIR

Kegiatan PKL di RSGM UNAIR

VOKASI NEWS – Mahasiswa D3 Teknik Gigi sedang menjalani masa PKL atau Praktik Kerja Lapangan. Mahasiswa tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok yang akan ditempatkan dibeberapa tempat pilihan. Salah satu tempat untuk mereka menjalani PKL adalah dental laboratorium RSGM Universitas Airlangga. Di RSGM Universitas Airlangga sendiri menyediakan beberapa pelayanan salah satunya dental laboratorium dimana segala pembuatan restorasi gigi untuk pasien dilakukan disana. Kelompok 1 yang terdiri dari 8 mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menjalani masa PKL mereka di RSGM Universitas Airlangga.

Plat Ortondonti

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa pkl mendapat beberapa pelatihan dan pembelajaran mengenai manajemen laboratorium, teknologi-teknologi baru, dan juga pembelajaran mengenai pengerjaan orderan restorasi untuk pasien. Selama 15 hari, mahasiswa mendapat orderan plat orthodonti dan membagi beberapa bagian untuk dikerjaan. Pembagiannya yakni 3 anak mengerjakan finishing plat akrilik, 2 anak repair plat akrilik, 3 anak polishing plat akrilik. Namun apakah Plat Ortodonti itu? Plat ortodonti merupakan sebuah restorasi gigi yang bertujuan mencegah atau memperbaiki maloklusi gigi dan struktur terkait sehingga menghasilkan mekanisme gigi gigi yang terbaik untuk aktivitas fungsional secara keseluruhan.

Stock Opname

Mahasiswa juga diajarkan mengenai stock opname. Stock opname adalah proses pendataan barang masuk dan keluar yang dilakukan setiap pertengahan tahun. Hal ini dilakukan agar kita mengetahu bahan-bahan yang digunakan itu sudah cukup sampai stock tahun depan ataukah kurang. Beberapa teknologi (alat) yang ada di dental laboratorium RSGM namun tidak ada di prodi D3 Teknik Gigi adalah CAD CAM, Lumamat 100, Vacum Mixer, IPS e-Max Press. Selain itu juga terdapat beberapa bahan yang tidak ada di prodi D3 Teknik Gigi adalah zirconia, duran, alumina.

Presentasi Hasil PKL

Pada 2 hari sebelum PKL berakhir, mahasiswa pkl didemonstrasikan oleh karyawan RSGM UNAIR mengenai cara soldering ortodonti. Dan setelah didemonstrasikan, mahasiswa dapat mencoba secara langsung soldering kawat gigi pada sebuah restorasi. Pada hari terakhir PKL, mahasiswa melakukan presentasi mengenai laporan selama mereka menjalani PKL di Dental laboratorium RSGM UNAIR. Presentasi dilakukan di depan Wakil Direktur 1 RSGM UNAIR, Kepala Bidang Penunjang Medis, Kepala dental laboratorium, dan Dosen Pembimbing. Presentasi dilakukan untuk mengetahui hasil selama mereka menjalani pkl dan untuk mengetahui apakah mereka benar-benar memahami manajemen laboratorium dan teknologi-teknologi dentistry yang baru sesuai dengan kompetensi yang diberikan.

Baca juga Praktik Kerja Lapangan di Wawan Dental Lab

Penulis : Adhelia Putri

Editor : Axa Yuliananta

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!