VOKASI UNAIR

PKL Mahasiswa Semester 5 D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi di RSGM UNAIR

PKL Mahasiswa D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi di RSGM UNAIR/dokumen istimewa

 VOKASI – PKL Mahasiswa D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga.

Pada salah satu mata kuliah semester 5 Teknik Gigi diharuskan mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) guna dari syarat lulus semester 5 untuk pemenuhan 3 SKS. Dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) dibagi menjadi beberapa kelompok dan tempat. Salah satu dari kelompok tersebut berkesempatan menimba beberapa ilmu baru di dental laboratorium RSGM Unair.

PKL mulai dilaksakan pada tanggal 28 Juni sampai 15 Juli 2023. Pada kelompok 1 PKL di RSGM Unair beranggotakan 8 orang yakni: 1) Aisyah Rizka; 2) Bisyarah F; 3) M. Rifky Firdaus; 4) Putri Devanada; 5) Anisa Nur Aini; 6) Arfiana Nistrina S; 7) Adhelia Putri A; dan 8) Devi Zafiratuqa R dengan dosen pembimbing Dokter Sri Redjeki drg., M. Kes. Dalam kegiatan PKL ini mahasiswa diminta dapat memenuhi kompetensi yang telah ditentukan. Seperti halnya mengetahui bagaimana cara manajemen pengelolan laboratorium. Tidak hanya itu saja, mahasiswa juga memiliki wawasan mengenai teknologi mengenai laboratorium. Melalui PKL, mahasiswa juga mengetahui metode pembuatan GT lepasan metal dan non metal, GT Keramik, GT Cekat, peranti ortodonti.

Dental Laboratorium RSGM UNAIR

Dental Laboratoium RSGM Unair berlokasi di kampus A Unair Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 47 Surabaya (60132), Surabaya-Jawa Timur. Pada Hari pertama dimulai mahasiswa berkenalan terlebih dahulu dengan ‘senior’ laboratorium. Dental Laboratorium RSGM memiliki 4 karyawan dengan pembagian tugas masing-masing yakni Citra Ayu Radita sebagai kepala dental, Bety Septaviana Fajriah sebagai Quality Control, Dyah Dwi Anugrahwati pada bagian pelilinan, dan Mardianto dikhususkan untuk Removable. Setiap karyawan dapat mengerjakan semua pekerjaan yang ada di dental.

Pada dental laboratorium RSGM Unair banyak menerima orderan dari Mahasiswa S1 FKG Unair dan dari RSGM Unair sendiri, karena belum dibuka untuk umum.

Semua karyawan dan mahasiswa PKL memulai kerja setiap hari Senin sampai Jumat.

Adapun jam masuk kerja yang sudah di tetapkan oleh pihak RSGM Unair yakni setiap hari Senin sampai Kamis dimulai dari pukul 07.30 – 16.00 WIB, sedangkan hari Jumat dimulai dari pukul 07.30 – 16.30 WIB.

Setiap hari semua karyawan diharuskan melakukan presensi kehadiran di RSGM Unair dengan menggunakan fitur Scan wajah.

Fasilitas yang Tersedia di Dental Laboratorium RSGM UNAIR

Pada Dental Laboratorium RSGM Unair sudah memiliki berbagai alat dan bahan yang tidak ada di dental laboratorium Teknik Gigi seperti CAD/CAM, mesin Lumamat 100, Vacuum formed Retainer, IPS E-Max Press, mesin Vacuum Mixer, Zirconia, Alumina, Durun, bubuk orto, dan masih banyak lagi.

Selama PKL di RSGM Unair, mahasiswa mendapatkan berbagai ilmu. Misalnya, mengetahui bagaimana cara repair plat orto, pembuatan cengkeram Adams Modifikasi, Soldering, Stock Opname, cara memulas dengan cepat dan masih banyak lagi.

Stock opname dilakukan untuk mendata semua perlengkapan mulai dari bahan, peralatan, sampai dengan keperluan yang ada di dalam dental laboratorium.

Dalam manajemen pengelolaan laboratoium RSGM Unair ini masih berada dalam naungan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga.

Dental Laboratorium ini dapat difasilitaskan kepada mahasiswa S1 FKG Unair, dan dokter spesialis RSGM apabila terdapat orderan yang akan dikerjakan.

***

Penulis : Putri Devanada – 152110513005

Editor   : Mela

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!