VOKASI UNAIR

Alami Dental Laboratorium, Tempat PKL Bagi Mahasiswa D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi UNAIR

PKL Mahasiswa D3 Teknik Gigi di Alami Dental Laboratorium/dokumen istimewa

VOKASI – Alami Dental Laboratorium menjadi salah satu tempat PKL bagi Mahasiswa D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi UNAIR.

PKL (Praktik Kerja Lapangan) merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i D3 Teknik Gigi Universitas Airlangga.

Alami Dental Lab, merupakan salah satu laboratorium gigi tempat mahasiswa PKL. Di Alami Dental para mahasiswa mendapat informasi serta pengalaman yang luar biasa.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Alami Dental Lab dilaksanakan mulai dari tanggal 26 Juni 2023 sampai dengan 17 Juli 2023 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 5 D3 Teknik Gigi Universitas Airlangga.

Selama masa PKL berlangsung, mahasiswa mendapatkan wawasan berharga dalam dunia kerja yang sesungguhnya serta mahasiswa diberikan kesempatan untuk terlibat dalam berbagai pekerjaan. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap berbagai proses dan praktik di lapangan, khususnya dalam bidang teknik gigi.

Pengalaman tersebut juga membantu mahasiswa untuk mengasah keterampilan teknis dan kemampuan kerja tim yang sangat berharga. Hasil dari PKL ini sangat bermanfaat dalam memperkuat motivasi mahasiswa  untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam bidang teknik gigi. Berbagai pengalaman dan pengetahuan diharapkan menjadi bekal yang berharga dalam mempersiapkan diri untuk berkarir di dunia kerja yang sebenarnya.

Pembagian Tugas Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Untuk pembagian tugas, kami dibebaskan untuk memilih membantu di divisi manapun. Selama masa PKL mahasiswa ditugaskan untuk membantu pekerjaan yang telah diajarkan di kampus, seperti pembuatan lempeng dan galengan gigit, grinding logam, aplikasi opaque dan dentin, waxing, dan masih banyak lagi. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk bertanya-tanya kepada para teknisi di klinik gigi tersebut jika dirasa masih belum paham.

Selain mengerjakan hal yang sudah dijarkan di kampus, mahasiswa  juga mendapat ilmu baru. Salah satunya adalah pembuatan clear retainer yang kebetulan di kampus belum tersedia alatnya. Hal tersebut menjadikan mahasiswa mendapatkan ilmu baru dan berharga.

Pada dasarnya pembagian tugas tersebut menjadi bekal bagi mahasiswa untuk menemukan pengalaman baru.

***

Penulis : Nindy Raras Pangesti

Editor   : Binar

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!