VOKASI UNAIR

PKL di Dental Laboratorium RSGM UNAIR Memberikan Pengalaman Berharga Mahasiswa D3 Teknik Gigi

Foto Bersama Mahasiswa D3 Teknik Gigi Saat PKL di RSGM UNAIR/dokumen istimewa

VOKASI Dental Laboratorium RSGM UNAIR menjadi lokasi PKL Mahasiswa D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi.

Dental Laboratorium RSGM Universitas Airlangga adalah salah satu fasilitas penunjang yang dimiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga. Dental Laboratorium RSGM UNAIR memiliki 4 karyawan yang memiliki job desk masing-masing.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan program pelatihan kerja sebagai kegiatan mandiri mahasiswa yang dilaksanakan di luar lingkungan kampus. Tujuannya untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai bidang peminatan melalui metode observasi dan partisipasi.

Kegiatan PKL ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengalaman, keterampilan, serta wawasan yang baru. Dengan begitu, tujuan mencetak lulusan program studi Teknik Gigi yang memiliki keterampilan tinggi, wawasan luas, disiplin, serta tanggung jawab yang tinggi dapat terwujud.

Cerita Pengalaman Berharga PKL di RSGM UNAIR

Kelompok 1 PKL mendapatkan kesempatan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga yang terletak di Kampus A Universitas Airlangga. Kelompok 1 yang terdiri dari 8 orang anggota melakukan pekerjaan sederhana sesuai dengan kompetensi yang diharapkan seperti pembuatan peranti ortodonti. Selain itu, kelompok 1 juga diberikan penjelasan terkait manajemen pengelolaan dental laboratorium serta alat dan bahan yang sebelumnya belum ada di kampus.

Dalam kegiatan PKL ini mahasiswa diminta untuk memenuhi kompetensi yang telah ditentukan. Namun, ada beberapa kegiatan  yang tidak bisa dilakukan saat menjalani kegiatan PKL. Hal ini dikarenakan selama kegiatan PKL mahasiswa dibimbing untuk mengerjakan pekerjaan yang sederhana. Pekerjaan sederhana yang dilakukan seperti pembuatan plat ortho yang meliputi pembuatan cengkeram Adams, busur labial, pengisian plat, finishing, polishing, stock opname, repairing, dan soldering.

Mengasah Keterampilan Saat PKL

Untuk kegiatan stock opname merupakan kegiatan yang belum pernah mahasiswa lakukan sebelumnya, sehingga mahasiswa tahu bahwa kegiatan tersebut penting untuk dilakukan dalam sebuah dental laboratorium. Pada dasarnya kegiatan stock opname dilakukan untuk mengetahui secara pasti dan benar tentang persediaan barang yang ada pada catatan pembukuan dan barang yang ada di gudang, apakah jumlahnya sama atau berbeda.

Potret kegiatan stock opname saat Mahasiswa D3 Teknik Gigi Universitas Airlangga PKL di Laboratorium Dental RSGM UNAIR/dokumen istimewa

Potret kegiatan stock opname saat Mahasiswa D3 Teknik Gigi Universitas Airlangga PKL di Laboratorium Dental RSGM UNAIR/dokumen istimewa

Kegiatan diatas adalah salah satu kegiatan yang dilakukan selama masa PKL di RSGM Universitas Airlangga. Mahasiswa juga mempelajari tentang manajemen yang ada di lab RSGM Universitas Airlangga. Pekerjaan yang mahasiswa lakukan terkesan sederhana namun tetap memberikan banyak pelajaran bagi mahasiswa agar lebih cekatan dalam melakukan pekerjaan tersebut.

***

Penulis : Arfi Syafiyyah

Editor  : Binar

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!