VOKASI UNAIR

Mahasiswa Teknik Gigi Meningkatkan Keterampilan dengan Mengikuti PKL di Abadi Dental Laboratorium

Meningkatkan keterampilan ala Mahasiswa Teknik Gigi UNAIR saat PKL di Abadi Dental Laboratorium/dokumen istimewa

VOKASI – Meningkatkan keterampilan ala Mahasiswa Teknik Gigi Fakultas Vokasi UNAIR dengan cara mengikuti kegiatan PKL di Abadi Dental Laboratorium.

Pengalaman Pertama PKL di Abadi Dental Laboratorium

Setiap mahasiswa semester 5 Program Studi Teknik Gigi Universitas Airlangga diminta untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok, dan setiap kelompok ditempatkan pada klinik gigi yang tersebar di wilayah Surabaya, dan Sidoarjo. Salah satu lokasi PKL Mahasiswa Teknik Gigi UNAIR ialah Abadi Dental Laboratorium.

PKL di Abadi Dental Laboratorium merupakan kebanggan tersendiri bagi mahasiswa, karena di sana tersedia peralatan yang lengkap dan memadai. Selain itu, klinik tersebut terbilang cukup populer di Surabaya. Pemilik (owner) dental laboratorium tersebut rupanya merupakan alumnus dari Universitas Airlangga yang dulunya berstatus sebagai Mahasiswa Teknik Gigi. PKL berlangsung selama 15 hari kerja yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Kegiatan PKL ini, diawali dengan pengenalan suasana dan kondisi di Abadi Dental Lab. Di dental lab ini memiliki empat divisi di antaranya yaitu divisi PFM, divisi valplast, divisi penyusunan gigi, dan divisi ortho. Selain itu, juga terdapat quality control yang bertugas sebagai pengecekan akhir, sedangkan untuk admin bertugas sebagai pencatatan order masuk order keluar, packing, dll

Selama PKL berlangsung, mahasiswa ditempatkan pada berbagai divisi. Adapun dalam proses pembuat lempeng dan galengan gigit, lalu di devisi valplash kita diajarin bagaimana cara polishing yang baik dan benar lalu di devisi ortho kita diajarkan cara membuat clear retainer, pembuatan hawley dan night guard, lalu yang terakhir di devisi keramik kita hanya membantu di awal saja yaitu bonding terkadang juga kita sambil tanya jawab serta melihat cara aplikasi keramik yang benar hal ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya pengaplikasian ilmu dalam praktik.

Menerapkan Teknologi Modern di Dunia Gigi

Untuk teknologi sendiri di abadi dental lab terdapat adanya teknologi Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing (CAD/CAM) . Yang mana teknologi ini merupakan Teknologi yang canggih dana jarang juga ada dental lab yang punya dikarenakan mahal. Teknologi CAD/CAM ini mengubah cara kerja dalam industri kedokteran gigi, memungkinkan rancangan dan produksi yang lebih efisien dan akurat. Dengan CAD/CAM, prosedur yang kompleks menjadi lebih sederhana dan hasilnya lebih presisi.

Selama kegiatan PKL ini, banyak sekali pengalaman bahkan momen berharga. Mahasiswa belajar bagaimana bisa berkonsisten ketika sudah mempunyai mimpi untuk membangun sebuah dental lab, yang awalnya sederhana sampai sekarang sudah mempunyai alat yang sangat canggih sesuai dengan perkembangan teknologi.

Belajar dengan ilmu dan teori yang baru serta langsung dengan praktiknya tentu dapat meningkatkan keterampilan. Dari para staffnya juga sangat ramah-ramah, mengajak mahasiswa untuk belajar dan ikut dalam proses pengerjaan orderan. Serta memberi kesempatan kepada kita untuk mencoba mengerjakan orderan sesuai dengan kemampuan kita, dan juga diselingi dengan candaan dan pertanyaan yang lucu-lucu sehingga menjadi suasna tidak tegang.

Dampak Positif dan Pembelajaran Berharga

PKL di Abadi Dental Lab telah membuka pemahaman bagi mahasiswa teknik gigi sendiri tentang pengelolaan laboratorium gigi yang sukses dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Mahasiswa juga belajar pentingnya kerjasama tim dan interaksi profesional dengan kolega serta pelanggan dokter gigi sendiri, aktifitas positif di lab ini membantu menjadikan setiap hari PKL sebagai pengalaman yang tak terlupakan karena dapat meningkatkan keterampilan.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi teman-teman untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan menarik dari kegiatan PKL di dental lab. Di harapkan semua teman-teman khusus mahasiswa Universitas Airlangga sendiri untuk terus semangat dalam mengembangkan diri dengan mengikuti banyak kegiatan-kegiatan di kampus. Banyak manfaat yang diperoleh seperti mendapatkan relasi, pengalaman di dunia kerja dan tentunya dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja.

***

Penulis             : Salman Zul Ilmi Al Islami

Editor              : Mela

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!