VOKASI UNAIR

Mahasiswa Teknik Gigi Fakultas Vokasi ‘Mengasah Keterampilan’ Saat PKL di Abadi Dental Laboratorium

PKL di Abadi Dental Laboratorium dapat mengasah keterampillan mahasiswa/dokumen istimewa

VOKASI – Mengasah keterampilan ala Mahasiswa Teknik Gigi Fakultas Vokasi UNAIR di Abadi Dental Laboratorium.

Sebuah hal yang sangat berharga ketika seorang mahasiswa memasuki jenjang yang lebih tinggi dalam bangku perkuliahan yang mereka jalani. Pengalaman berharga yang diperoleh saat melakukan proses wajib dari kampus yaitu Praktek Kerja Lapangan atau sering disebut PKL.

Kegiatan PKL ini dilakukan setiap tahun oleh setiap angkatan dalam prodi D3-Teknik Gigi. Karena hal tersebut adalah syarat wajib dalam menjalani perkuliahan dengan bertujuan untuk mengenal secara langsung proses serta system pekerjaan sebagai tekniker gigi yang akan mahasiswa jalani setelah lulus nanti. Gambaran yang ada di dental laboratorium membuat para mahasiswa bisa membayangkan jika bekerja di bidang tersebut nantinya.

PKL ala Mahasiswa Teknik Gigi di Abadi Dental Laboratorium

Kegiatan PKL (Praktek Kuliah Lapangan) dilakukan oleh setiap mahasiswa Teknik Gigi UNAIR yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok dibagi dalam 6-7 mahasiswa.

Salah satu tempat yang telah bekerjasama dengan Teknik Gigi UNAIR untuk menampung mahasiswa PKL ialah Abadi Dental Laboratorium.

Abadi dental laboratorium terletak di Jl. Kedung Sroko VI No.22 Surabaya yang terletak cukup dekat dengan kampus A UNAIR.  Dalam laboratorium tersebut terbagi berbagai devisi sesuai kemampuan dan tugasnya masing masing.

Cerita Menarik dari Mahasiswa Saat PKL di Abadi Dental Laboratorium

Kekhawatiran sebagian mahasiswa sebelum menjalani PKL ialah adaptasi dengan lingkungan yang awam dan asing. Khawatir banyak melakukan kesalahan dan berada di lingkungan yang penuh tekanan.

Akan tetapi, menurut pengakuan mahasiswa yang PKL di Abadi Dental Laboratorium, di klinik gigi tersebut dapat menepis kekhawatiran mahasiswa. Pasalnya, pekerja di sana disebut bersedia untuk mengajari mahasiswa yang ingin belajar tentang teknik gigi, dan belajar metode baru yang belum diajarkan di bangku kuliah.

Hal itulah yang membuat mahasiswa memiliki pengalaman berkesan. Mahasiswa banyak belajar, terutama dalam pembuatan restorasi dengan kasus kasus yang belum pernah dipelajari sebelumnya, dan ini dapat mengasah keterampilan mahasiswa untuk kesiapan menghadapi dunia kerja,

***

Penulis : Muhammad Rizal Santoso

Editor: Binar

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!