VOKASI UNAIR

Keceriaan Pelajar SDN 1 Moyoketen Saat Dikenalkan dengan Keluhuran Budaya oleh Prodi D3 Perpustakaan dan Mahasiswi UiTM Kedah

Keluhuran Budaya diperkenalkan oleh Prodi D3 Perpustakaan dan Mahasiswi UiTM Kedah/dokumen istimewa

VOKASI – Keluhuran budaya diperkenalkan kepada para siswa SDN Moyoketen oleh Prodi D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi UNAIR dan Mahasiswa UiTM Kedah.

Keluhuran budaya menjadi salah topik yang diajarkan dalam sesi pengabdian masyarakat internasional oleh Prodi D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi UNAIR dengan Mahasiswa UiTM Kedah.

Pengabdian masyarakat adalah upaya kolaboratif yang kuat untuk membangun dunia yang lebih baik. Melalui kontribusi dan kemitraan, kita dapat menciptakan perubahan positif yang akan berdampak pada masa depan. Mereka tidak hanya bermanfaat secara langsung bagi individu dan komunitas, tetapi juga membentuk nilai-nilai inti sosial dan menginspirasi generasi mendatang.

Sehubungan dengan hal itu, Prodi D3 Perpustakaan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga menggandeng 3 mahasiswi Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah serta dosen pendamping dari D3 Perpustakaan, bernama Endang Fitriyah Mannan, S.Sos., M.Hum.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional dilakukan dengan mengangkat tema “Pengembangan Literasi Siswa”.

Pengabdian itu dilakukan di SDN 1 Moyoketen pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Merupakan program sosialisasi tentang literasi dengan sasaran siswa-siswi SD.

Pengabdian Masyarakat Internasional

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional ini bertujuan untuk mengembangkan literasi siswa dengan target audiens yaitu siswa-siswi kelas 4 SDN 1 Moyoketen. Pada kegiatan ini, 3 mahasiswa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah memaparkan materi mengenai keluhuran budaya dan fakta menarik lainnya antara negara Malaysia dan Indonesia.

Siswa-siswi SDN 1 Moyoketen juga diperkenankan untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang nantinya akan dijawab secara langsung oleh 3 mahasiswa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah.

Siswa-siswi SDN 1 Moyoketen terbilang cukup antusias dan memiliki keingintahuan lebih terhadap materi yang telah disampaikan. Ada beberapa anak yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah.

“Berapa harga nasi kandar di Malaysia, Kak?,” tanya salah seorang siswa kelas 4 SDN 1 Moyoketen.

Pertanyaan yang diajukan cukup di luar ekspektasi, namun dapat dijawab dengan baik oleh mahasiswa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah.

Antuasisme Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Sosialisasi

Umpan balik dari adanya kegiatan ini adalah siswa-siswi mampu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dari materi yang disampaikan. Hal ini membuktikan bahwa mereka masih memiliki minat yang tinggi terhadap hal-hal baru.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional ini diharapkan dapat memberikan insight baru bagi siswa-siswi kelas 4 SDN 1 Moyoketen tentang perbedaan budaya antar negara. Selain itu kegiatan ini juga bisa memberikan pengalaman baru bagi 3 mahasiswa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Kedah.

***

Editor: Mela

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!