VOKASI UNAIR

Pentingnya PKL Bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR

Pentingnya PKL Bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi/dokumen istimewa

VOKASI – Pentingya PKL bagi Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Pentingnya PKL penting untuk dibahas. Praktik kerja lapangan merupakan hal yang sangat penting dan perlu dilakukan oleh institusi pendidikan. PKL memberikan pelatihan kepada mahasiswa yang langsung terjun ke dunia kerja dengan dibantu oleh supervisi yang kompeten. Praktik Kerja Lapangan merupakan sumber pengalaman baru bagi mahasiswa. Hal itu terjadi karena saat di bangku kuliah, mahasiswa lebih banyak belajar teoritis. Kondisi itu tentu berbeda dengan dunia kerja. bukannya tidak berdasarkan teori namun ada trik tersendiri bagaimana untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat namun tidak asal-asalan.

Pentingnya PKL dalam Menambah Pengalaman Baru

Pelaksanaan praktik kerja lapangan, sangat menambah ilmu dan pengalaman baru yang belum diajarkan di laboratorium kampus. Banyak sekali life hack yang sangat memudahkan mahasiswa dalam memahami kondisi riil di lapangan. Seperti contohnya dalam hal menggerinding, jika di kampus mahasiswa menggunakan freser, stone dan rubber. Mungkin itu memang step by step yang harus dilakukan, tetapi di laboratorium tempat pkl menggunakan disk yang mengurangi koping logam, dan menghaluskan serta mengkilapkan dengan diamond khusus.

Begitu juga dengan polishing akrilik, mahasiswa di laboratorium kampus biasa menggunakan pumice untuk menghaluskan dan kryte untuk mengkilapkan, namun di laboratorium tempat PKL hanya menggunakan pumice saja. Baik untuk menghaluskan maupun mengkilapkan. Kryte dapat menyebabkan akrilik tidak jernih, sedangkan kalau hanya memakai pumice saja akrilik akan cepat mengkilap.

Tugas Selama Menjalani PKL

Selama 3 minggu PKL, mahasiswa diberikan tugas. Salah satu penugasannya ialah pengerjaan ortho, yaitu pembuatan retainer hawley. Mahasiswa yang mulanya sulit mengerjakan pekerjaan tersebut, namun setelah belajar selama PKL, akhirnya bisa melakukan. Mahasiswa hanya perlu jam terbang untuk melakukannya. Dengan PKL, mahasiswa juga terbiasa dengan pembagian tugas, atau bekerja sama dalam bekerja. Hal itu karena nantinya saat bekerja perlu kerjasama tim, bukan tugas individual.

Selain dari beberapa cara cepat dalam bekerja, selama PKL mahasiswa juga belajar tentang manajemen laboratorium. Mahasiswa belajar bagaimana cara mengelola laboratorium yang baik dan benar. Mulai dari awal pembukaan laboratorium, cara perekrutan karyawan, quality control, manajemen keuangan, penerimaan order, hingga orderan diambil. Hal tersebut merupakan wawasan yang perlu dipelajari oleh mahasiswa untuk dapat mengelola laboratorium.

Pentingnya PKL: Belajar Menerima ‘Order’ Pelanggan

Di Tempat PKL inilah mahasiswa merasakan bagaimana cara menyikapi pekerjaan yang merupakan orderan pasien yang pekerjaannya tidak boleh asal-asalan. Akan tetapi hal itu juga dapat selesai dalam waktu yang cepat. Banyak sekali alat atau teknologi baru yang di laboratorium PKL berbeda dengan di laboratorium kampus, yang sangat memudahkan dalam bekerja.

Harapannya dari terlaksananya PKL ini dapat membantu mahasiswa, dalam pengetahuan dunia kerja kedepannya. Sehingga mahasiswa tidak hanya membayangkan saja namun tahu akan seperti apa nantinya, lalu menumbuhkan jiwa wirausaha yang mungkin kedepannya dapat membangun laboratorium sendiri.

***

Penulis: Anisa Nur Aini

Editor: Mela

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!