VOKASI UNAIR

Pengalaman ‘Unik’ Mahasiswa D3 Teknik Gigi Mencoba Menggunakan Teknologi CAD CAM di Wawan Dental Laboratorium

Potret Teknologi CAD CAM di Wawan Dental Laboratorium/dokumen istimewa

VOKASI – Teknologi CAD CAM menjadi alat yang mutakhir di Wawan Dental Laboratorium dan telah dicoba oleh Mahasiswa D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi UNAIR.

Awal yang baru bagi mahasiswa untuk menambah wawasan mengenai dental laboratorium dibangun melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL). Adapun dalam Prodi D3 Teknik Gigi Fakultas Vokasi UNAIR, PKL wajib dilakukan oleh mahasiswa selama tiga minggu. Ada banyak pengalaman berharga yang dilalui oleh mahasiswa selama menjalani PKL.

Pengalaman Berharga Saat PKL

Pada minggu pertama dalam PKL, mahasiswa melakukan pengenalan lingkungan laboratorium. Tidak hanya itu saja, pada minggu pertama mahasiswa sudah diberi ‘project’ yang menggunakan teknologi CAD/CAM. Teknologi tersebut memanfaatkan teknologi pemindaian 3 Dimensi (3D) untuk hasil yang lebih akurat untuk pasien. Hal ini juga memudahkan pembuatan dan memudahkan pada saat proses pemulihan. Perlu diketahui juga, perbaikan gigi pada CAD/CAM meliputi Inlay, Onlay, Veneer, Crown hingga Bridge.

Cara Mengoperasikan CAD/CAM

CAD/CAM dibuat menggunakan blok keramik padat atau resin composite yang warnanya disesuaikan dengan mendekati warna asli gigi. Sebelum melakukan pemindaian gigi dengan memindai 3D, tetap harus dilakukan perawatan lengkap sebelum dilanjtkan untuk membuat penyelesaian akhir. Dokter harus dapat menentukan bahan yang tepat untuk digunakan. Setelah blok terbentuk sesuai yang direncanakan maka dilakukan pemolesan, pewarnaan dan pemberian lapisan mengkilap serta pelicin untuk memperoleh hasil sesuai dengan rencana perawatan. Tahap terakhir adalah pemasangan di mulut pasien dan merekatkannya dengan semen khusus maupun perekat khusus.kekuatan dan durabilitas yang dapat menyaingi prosedur konvensional, serta memudahkan dokter gigi dalam mengerjakan berbagai kasus yang rumit.

Teknologi chairside CAD/CAM memungkinkan dokter gigi untuk melakukan perawatan dan membuat jeda dalam satu kali kunjungan. Hal ini dapat menguntungkan pasien dari biaya pabrikasi eksternal, biaya bahan percetakan, mengurangi waktu kunjungan pasien. Di Wawan Dental Laboratorium terdapat satu set CAD/CAM.

***

Penulis: Muhammad Zeidan

Editor: Binar

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!