VOKASI UNAIR

Menggandeng UPN Veteran Jakarta, Peserta Equina Antusias Membahas Fisioterapi Anak Berkebutuhan Khusus

Tangkapan layar Equina dengan topik fisioterapi anak berkebutuhan khusus/dokumen istimewa

VOKASI – Fisioterapi pada anak berkebutuhan khusus menjadi topik bahasan dalam acara Equina.

Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Universitas Airlangga kembali sukses menyelenggarakan kegiatan bertajuk EQUINA. Tujuannya ialah meningkatkan kualitas wawasan dan ilmu fisioterapi. Empowering Quality untuk Fisioterapi Bersama Penkeswa Airlangga (EQUINA) merupakan kegiatan tahunan yang diikuti oleh mahasiswa semester II dan IV. EQUINA tahun ini berkolaborasi dengan HIMA Fisioterapi UPN Jakarta.

Long Life Learning to Upgrade Yourself

Pada Equina tahun ini mengambil tema “Long Life Learning to Upgrade Yourself” dengan topik membahas mengenai bagaimana penatalaksanaan fisioterapi anak yang berkebutuhan khusus. Materi ini disampaikan oleh Dirgahayu Mahardika Amd.Fis yang merupakan Alumni Fisioterapi UNAIR. Antusiasme peserta sebanyak 67 orang sangat terlihat, meskipun diadakan secara online lewat zoom meeting.

“Lewat Equina ini kita belajar bagaimana peran fisioterapi dalam menangani kasus anak yang berkebutuhan khusus, sehingga dapat membantu mahasiswa untuk menambah pengetahuan di bidang yang tengah ditekuni ini”, terang Wijdan sebagai ketua pelaksana.

Wijdan juga menambahkan “Kami belajar kasus-kasus seperti Cerebral Palsy, Down Syndrom, Intelectual Disability dan Autisme lengkap dengan pemeriksaan dan intervensinya, sebagai ilmu baru untuk bekal praktik klinik di rumah sakit nantinya” tuturnya.

Studi Banding Antar HIMA Fisioterapi

Bersamaan dengan kegiatan itu, HIMA Fisioterapi UNAIR juga berkunjung ke UPN Veteran Jakarta untuk Studi Banding antar Hima.

“Sungguh suatu moment yang berharga bagi kami untuk menyambut teman-teman dari Fisioterapi UNAIR, menjadi ajang bertukar aspirasi dan sharing mengenai sistem pendidikan antara Fisioterapi UNAIR dan UPN Jakarta,” tutur Ketua HIMA S1 Fisioterapi UPN Jakarta, Aqilla Adriani.

Harapannya, para peserta Equina tahun ini dapat mengambil pelajaran berharga dan meimplementasikannya dalam bidang perkuliahan maupun dalam menjalankan HIMA.

***

Penulis : Fadly Faisal – D4 Fisioterapi UNAIR

Editor : Mela

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!