VOKASI UNAIR

Dosen Keperawatan Fakultas Vokasi UNAIR ‘Mengabdi’, Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Korban Banjir di Lamongan

Dosen Keperawatan Mengabdi di Lamongan/beritasiber.com

VOKASI – Dosen Keperawatan Fakultas Vokasi UNAIR melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Lamongan.

Para dosen keperawatan dari Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program yang ‘dikomandoi’ oleh Anestasia Pangestu Mei Tyas, S.Kep., Ns., M.Kep itu dilakukan selama berkala. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan dukungan moril kepada anak korban banjir di Lamongan. Bentuk dukungannya berupa implementasi Psychosocial Structured Activities (PSSA) pada anak korban banjir tahunan. Adapun anak korban banjir itu menempuh pendidikan dasar di SDN Sidomulyo 1 Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan.

Anak ‘Korban’ Banjir Tahunan Menjadi Sasaran Program Pengabdian

Anestasia Pangestu Mei Tyas, S.Kep., Ns., M.Kep menyampaikan bahwa Desa Sidomulyo sengaja dipilih sebagai ‘sasaran’ program pengabdian kepada masyarakat. Alasannya karena wilayah tersebut menjadi langganan banjir yang menerjang Kabupaten Lamongan setiap tahun.

“SDN Sidomulyo menjadi sasaran lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat karena lokasi yang selalu langganan banjir dalam 3 tahun terakhir,” jelas Anestasia.

Secara luas, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan sebagai bentuk aksi nyata dari akademisi. Khususnya dalam rangka memerangi perubahan iklim, sebagaimana telah ditetapkan dalam SDG’s ketigabelas. Poin penting dari memerangi perubahan iklim terletak pada penguatan daya tahan dan kapasitas adaptasi terhadap bahaya.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sesuai dengan tujuan SDG’s ke tiga belas yaitu mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya pada target menguatkan daya tahan dan kapasitas adaptasi terhadap bahaya hal-hal yang berkaitan dengan iklim dan bencana alam,” imbuh Anestasia.

Pendampingan Psychosocial Structured Activities (PSSA)

Adapun PSSA relevan dengan tujuan utamanya kegiatan tersebut, yakni menguatkan kapasitas adaptasi sejak dini. Pada program pengabdian kepada masyarakat itu mengundang narasumber untuk memberikan pelatihan. Narasumber yang diundang ialah Psikolog Irawati Sudiar, S.Psi., Psi. Pada kesempatan itu narasumber menyampaikan materi tentang cara menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa. Khususnya bagi siswa yang setiap tahun harus menghadapi musibah banjir.

Adapun materi Psychosocial Structured Activities (PSSA) disampaikan oleh para dosen dari keperawatan. Setelah materi selesai dipaparkan, kegiatan pun dilanjutkan dengan pendampingan kepada guru yang menerapkan PSSA. Praktik PSSA ini diikuti oleh kepala sekolah, ketua komite, guru, dan murid kelas 1 sampai dengan kelas 6, dibantu oleh tim pengabdi FV dan FKP, serta mahasiswa keperawatan.

***

Penulis: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi

Disadur dari:

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!