VOKASI UNAIR

Dosen Prodi Teknik Gigi Gelar Pengmas Guna Pemberdayaan Tekniker Gigi di Kediri

(Foto kegiatan pengmas di Kediri, Jawa Timur)

VOKASI NEWS –¬†Dosen Prodi Teknik Gigi Gelar Pengmas Guna Pemberdayaan Tekniker Gigi di Kediri.

Dalam perguruan tinggi, terdapat Tri Dharma yang harus dilakukan oleh seluruh sivitas akademika di kampus. Pendidikan dan pengajaran,  penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat merupakan poin-poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain berteori di kampus, ilmu yang dimiliki juga harus disebarluaskan dan diterapkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat, contohnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh dosen prodi Teknik Gigi.

Dosen Prodi D-III Teknik Gigi telah mengadakan pengabdian masyarakat di Abadi Dental Lab, Kota Kediri. Abadi Dental Lab beralamatkan di Jalan Veteran, Perumahan Candra Kirana blok F-18. Kegiatan pengmas yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2023 ini mengusung topik tentang pembuatan alat sterilisator UV box sederhana. Tujuan diselenggarakan pengmas ini adalah pemberdayaan masyarakat khususnya teknisi gigi di daerah tersebut agar dapat membuat alat sterilisator  UV box sederhana sendiri di masa Covid-19. Sasaran dari kegiatan pengmas ini adalah para teknisi gigi yang ada di 3 dental lab di Kota Kediri, yaitu Abadi Dental Lab, Barokah Dental Lab, Iika Dental Lab, serta Puskesmas Bangsongan, Kecamatan Kayenkidul.

Latar Belakang Pengabdian Masyarakat

Menurut Riset Kesehatan Daerah 2018, sebanyak 5 1,4% masyarakat kehilangan gigi sehingga kebutuhan gigi tiruan meningkat. Tujuan pembuatan gigi tiruan untuk mengembalikan fungsi pengunyahan, fungsi bicara, serta keestetikan. Sedangkan profesi yang membuat gigi tiruan adalah teknisi gigi. Teknisi gigi merupakan mitra dari dokter gigi dalam melakukan perawatan gigi yang baik dan berkualitas, sehingga perlu dilakukan sosialisasi dalam meningkatkan keterampilan para teknisi gigi.

“Para teknisi gigi yang hadir pada pengmas kali ini terlihat antusias sekali terhadap apa yang kami sosialisasikan dan kami demonstrasikan”, ujar Endang Kusdarjanti, drg., M.Kes. selaku ketua pelaksana.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Endang Kusdarjanti, drg., M.Kes selaku dosen di program studi D-III Teknik Gigi, Fakultas Vokasi. Ada beberapa susunan acara yang telah dilakukan dalam pengmas tersebut. Terdapat pre-test, penyuluhan, demonstrasi pembuatan alat, post-test, serta tanya jawab.

Pengabdian Masyarakat di Abadi Dental Lab

Acara dibuka oleh Winda Kusumawardani, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku MC dari kegiatan ini. Lalu sambutan oleh Endang Kusdarjanti, drg., M.Kes. selaku ketua pelaksana dalam kegiatan pengmas. Sebelum diadakan penyuluhan, para peserta pengmas yang hadir yaitu teknisi gigi, melakukan pre-test untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta terkait topik yang akan disuluhkan. Setelah diadakan pre-test, kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi atau penyuluhan oleh Okti Setyowati, drg., M.Kes.. Materi penyuluhan yang disampaikan terkait dengan bagaimana teknisi gigi di masa pandemi Covid serta bagaimana sterilisasi alat-alat di dental laboratorium menggunakan alat sterilisator UV box sederhana.

(Alat sterilisator UV box yang telah didemonstrasikan)

(Alat sterilisator UV box yang telah didemonstrasikan)

Setelah peserta pengmas diberi penyuluhan, kegiatan selanjutnya adalah demonstrasi terkait pembuatan alat sterilisator UV box sederhana untuk sterilisasi alat-alat di dental laboratorium. Kegiatan demonstrasi tersebut dilakukan oleh Anisa Nur Halimah, drg., M.Kes.. Cara kerja dari UV box ini adalah dengan mematikan virus dan bakteri yang terdapat dalam alat-alat di laboratorium. UV box mengeluarkan sinar radiasi ultraviolet seperti sinar matahari dengan panjang gelombang radiasi sekitar 200 nm- 400 nm.

Kegiatan selanjutnya adalah post-test. Post-test dilakukan oleh peserta pengmas untuk mengukur sejauh mana pemahaman terkait materi yang telah disampaikan sebelumnya. Post-test yang dilakukan juga sebagai pembanding dengan pre-test yang telah dilakukan sebelumnya, sebelum materi penyuluhan diberikan. Hasil yang didapat dari post-test signifikan dibanding pre-test. Hal ini menunjukkan bahwa peserta penyuluhan dapat memahami materi yang disampaikan. Agar peserta pengmas yang hadir lebih memahami materi yang diberikan, peserta diberikan sesi tanya jawab. Setelah itu, kegiatan pengmas ini ditutup dengan memberikan cinderamata kepada pihak Abadi Dental Lab dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi, yaitu foto bersama.

Penulis: Haly Nur Cahyawan (016221007)

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!