VOKASI UNAIR

Inisiatif HIMA Manajemen Perhotelan UNAIR untuk Mengembangkan Desa Wisata di Lamongan

Inisiatif HIMA Manajemen Perhotelan dalam mengembangkan desa wisata/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Inisiatif HIMA Manajemen Perhotelan UNAIR untuk mengembangkan Wisata Bulaga di Lamongan.

Bina komunitas adalah salah satu program kerja yang dimiliki oleh Himpunan Mahasiswa Perhotelan. Program Bina komunitas menjadi salah satu sarana efektif dalam membantu masyarakat. Khususnya untuk mengembangkan potensi dan keterampilan. Pada tahun ini Himpunan Mahasiswa Manajemen Perhotelan mengadakan kegiatan pada tanggal 12-13 Agustus 2023. Tepatnya di Desa Pucakwangi Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Tema yang diangkat ialah “Bina Komunitas Hima Manajemen Perhotelan UNAIR mendayagunakan pengembangan Wisata Bulaga Pucakwangi Lamongan”.

Potensi Desa Pucakwangi

Desa Pucakwangi merupakan salah satu desa wisata yang terdapat di Kabupaten Jawa Timur. Desa Pucakwangi menjadi pilihan oleh himpunan mahasiswa manajemen perhotelan. Hal itu dikarenakan desa tersebut memiliki destinasi wisata yang cukup menarik. Akan tetapi, dikarenakan jarang terekspos sehingga menyebabkan kurangnya pengunjung ataupun wisatawa. Atas dasar itulah, keputusan dari himpunan mahasiswa manajemen perhotelan untuk menjadikan Desa Pucakwangi ini sebagai lokasi program bina komunitas.

Bina Komunitas Inisiatif HIMA Manajemen Perhotelan UNAIR

Antusiasme warga sekitar dalam program ini sangat tinggi. Ketika himpunan mahasiswa manajemen perhotelan tiba di lokasi, perwakilan desa telah menunggu dan menyambut dengan hangat. Pada hari pertama (12/8), pelaksanaan program bina komunitas langsung bergegas merealisasikan rencana kegiatan yang telah dipersiapkan. Pada awal pembukaan kegiatan terdapat beberapa sambutan baik dari kepala himpunan mahasiswa, dosen dan juga sambutan dari perwakilan desa.

Acara penyambutan merupakan pembukaan dari serangkaian acara kegiatan yang ada pada hari pertama. Setelah penyambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan gotong-royong membersihkan sekaligus mempercantik destinasi wisata Taman Baca Pucakwangi. Tak lupa kolam ikan yang ada di area tersebut juga dibersihkan. Setelah itu, tibalah waktunya istirahat yang dimanfaatkan untuk bincang-bincang santai dengan masyarakat setempat.

Hari Kedua Bina Komunitas

Hari kedua (13/8) Bina Komunitas HIMA Manajemen Perhotelan diawali dengan kegiatan senam pagi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mempercantik seluruh wisata yang ada di Desa Pucakwangi. Adapun destinasi wisata di sana yaitu taman baca, kolam ikan, dan goa. Tak lupa setelah area wisata dipercantik, masyarakat pun dibekali pengetahuan yang didapat pada saat program pembinaan. Dalam program tersebut, masyarakat diberi pengetahuan tambahan tentang teknis mengonsep sebuah destinasi wisata.

[BACA JUGA: Gebyar Minum Susu 1000 Anak Bersama PDHI Jatim dan Mahasiswa PKL Kelompok 6 D3 Paramedik Veteriner]

Fasilitas Tambahan Inisiatif HIMA Manajemen Perhotelan UNAIR

Sebelum penutupan acara, Himpunan Mahasiswa Manajemen Perhotelan memberikan beberapa fasilitas yang dapat digunakan untuk membantu fasilitas desa wisata. Beberapa fasilitas tersebut ialah tanaman hias, tong sampah dan beberapa alat kebersihan. Setelah penyerahaan fasilitas sebagai tanda bantu himpunan mahasiswa akan dilanjutkan penebaran bibit ikan di kolam ikan. Serta penyerahan dana untuk mendukung dan merealisasikan perencanaan konsep yang telah didiskusikan pada hari sebelumnya sebagai simbolis. Setelah penyerahan simbolis telah selesai himpunan mahasiswa manajemen perhotelan bersiap serta berkemas untuk perjalanan pulang.

Dalam jangka panjang, harapan utama adalah berkembangnya desa wisata pucakwangi agar lebih tersebar di kalangan wisatawan. Para warga desa pucakwangi yang telah mengikuti pembinaan dapat berbagi pengetahuan, menciptakan lingkungan belajar yang berkesinambungan. Program bina komunitas dengan pembinaan dan perencanaan akan terus memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat.

Dengan demikian, program bina komunitas yang mengandalkan pembinaan terhadap warga desa pucakwangi memiliki potensi besar dalam memajukan komunitas secara kolektif. Berbekal pendekatan yang inklusif dan berfokus pada pemberdayaan individu. program ini dapat menciptakan perubahan positif yang dapat dirasakan oleh seluruh warga desa wisata pucakwangi. Rasa senang akan dirasakan oleh himpunan mahasiwa manajemen perhotelan jika dapat membantu ataupun mengabdi untuk masyarakat.

***

Penulis: Mohammad Hamdani

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!