VOKASI UNAIR

Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kurnia Dental Lab yang Seru dan Menambah Banyak Wawasan

Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kurnia Dental Lab

VOKASI NEWS – Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Teknik Gigi semester 5. Tujuan diadakannya PKL yakni agar mahasiswa dapat mencari pengalaman dan pengetahuan yang seluas-luasnya di dental lab mereka bertugas dengan mempraktekan langsung di lapangan.

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama 15 hari kerja mulai tanggal 26 Juni 2023 hingga 14 Juli 2023. Yang menentukan dimana tempat PKL mahasiswa yakni Prodi dengan sistem mengurutkan NIM dan menyesuaikan daya tampung dari dental lab tersebut

Serba-Serbi Kurnia Dental Lab

Kurnia Dental Lab menjadi salah satu tujuan dari mahasiswa D3 Teknik Gigi yang berlokasi di kav 11, Perumahan Regency One mojo, Jl. Mojo Kidul No.111, Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60285. Kurnia merupakan salah satu laboratorium gigi yang besar dan memiliki teknologi yang sangat canggih serta bahan baku yang beragam. Hal tersebut merupakan peralatan yang tidak dimiliki oleh prodi maupun dental lab lainnya. Salah satu teknologi tersebut adalah CAD/CAM dan bahan zirconia.

Kurnia dental lab memiliki pelanggan yaitu dokter gigi yang sangat banyak dan dari beragam daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Papua, Jawa Barat, dan sebagainya. Sehingga permintaan dari model kasus yang diterima juga bermacam-macam. Hal ini mengajarkan mahasiswa untuk dapat memecahkan masalah dari kasus yang diperoleh dan tentunya dengan didampingi oleh teknisi gigi yang ada di Kurnia Dental Lab tersebut.

Sistem PKL di Kurnia Dental Lab

Sistem mahasiswa PKL di Kurnia dental lab adalah rolling perdivisi 2 hari sekali. Ada 7 divisi yang dapat kami pelajari yaitu admin, PFM, CAD/CAM, lab basah, GTL/GTSL/Ortho, GTKL, dan anatomi. Dan pada hari terakhir dikhususkan untuk kita bertanya jawab dan menggali informasi yang menarik. Dengan adanya sistem rolling ini, mahasiswa dapat mempelajari semua pekerjaan yang ada di Kurnia dental lab.

Tak hanya itu, mahasiswa juga belajar tentang bagaimana manajemen laboratorium yang diterapkan, bagaimana proses membangun dental lab, dan bagaimana cara menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara teknisi yang bekerja. Sehingga diharapkan mereka dapat mengimplementasikannya di prodi maupun di dunia kerja nantinya. Atau bisa juga diterapkan ketika mereka nantinya ingin membuka dental laboratorium sendiri.

Dengan adanya kegiatan PKL ini, mahasiswa sangat senang dapat menambah relasi dan mendapatkan informasi pengetahuan yang lebih luas lagi.

Penulis : Dinda Nur

Editor : Axa

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!