VOKASI UNAIR

Pengalaman Magang Mahasiswa D-III Teknik Gigi di Wawan Dental Lab

VOKASI NEWS  – Magang merupakan salah satu kegiatan wajib diikuti oleh mahasiswa prodi D-III Teknik Gigi yang sedang menempuh semester lima. Untuk Prodi D-III Teknik Gigi biasanya magang di beberapa Laboratorium gigi salah satunya di Wawan Dental Lab yang berlokasi di Jl. Jojoran I No.69 Surabaya. 

Tujuan dari kegiatan magang di Dental Lab dilakukan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menghadapi dan mencari jalan keluar suatu permasalahan yang ditemukan di tempat magang.

Selain itu dengan adanya kegiatan magang ini dapat melatih mahasiswa untuk siap terjun di dunia kerja.

Magang di Wawan Dental Surabaya merupakan pengalaman berharga bagi Mahasiswa D-III Teknik Gigi Fakultas Vokasi UNAIR ini.

Sejak tanggal 3 Juni 2023 sampai dengan tanggal 20 Juni 2023, mahasiswa angkatan 2021 dari Prodi D-III Teknik Gigi Fakultas Vokasi mulai melakukan kegiatan magang.

Salah satu mahasiswa Prodi D-III Teknik Gigi Fakultas Vokasi yang bernama Dinda Lintang Savana melakukan kegiatan magang di Wawan Dental Lab Surabaya.

Alasan dan Pelajaran Selama Magang di Wawan Dental Lab

Alasan pemilihan Wawan dental lab sebagai lokasi magang ialah dikarenakan pemilik Wawan dental lab merupakan alumni Teknik Gigi UNAIR selain itu wawan dental lab juga memiliki alat dental yang lengkap.

Kegiatan yang dilakukan di Wawan dental lab setiap harinya ialah membantu para pekerja mengerjakan  orderan seperti valplast, porcelain zircon maupun metal, thermosens, akrilik, clear retainer dan juga ortho. Saya mencoba untuk mengerjakan orderan sembari diawasi oleh para pekerja di wawan dental lab.

Di Wawan Dental Lab saya banyak mempelajari ilmu yang tidak dipelajari di kampus seperti pengaplikasian valplast, pembuatan clear retainer dan pembuatan restorasi menggunakan CAD/CAM. Tidak jarang juga mereka memberi saya kesempatan untuk terjun langsung mengerjakan orderan gigi yang sedang mereka kerjakan.

Hal yang unik di wawan dental lab ini ialah para pekerja di wawan dental lab kebanyakan bukan berasal dari lulusan Teknik gigi. Mereka mempelajari cara membuat produk gigi secara otodidak. Hal ini yang membuat saya lebih bersemangat untuk lebih giat belajar lagi tentang pembuatan produk gigi.

Dengan adanya kegiatan magang ini mahasiswa khususnya bidang Teknik gigi, mahasiswa semakin tahu bahwa di dunia kerja kita pasti akan bertemu dengan para pekerja dental yang memiliki bermacam-macam karakter.

Mahasiswa juga mengetahui bagaimana cara menghadapi masalah ataupun kendala yang muncul di dunia kerja terlebih di dental lab.

Penulis: Dinda Lintang Savana

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!