VOKASI UNAIR

Workshop Pengembangan Skill Mahasiswa Baru Dalam Kegiatan Paper, Sharing, and Learning 2023

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Vokasi UNAIR sukses kembali mengadakan kegiatan Paper, Sharing, and Learning pada tanggal 9 September 2023. Kegiatan ini berupa workshop yang berfokus pada pengembangan skill kepenulisan bagi mahasiswa baru Program Studi Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Paper, Sharing, and Learning 2023 mengangkat tema berupa “Optimalisasi Pengelolaan Ide Mahasiswa melalui Pengembangan Karya Tulis Ilmiah dalam rangka Mendukung Program SDGs Poin Keempat”. Pemilihan tema tersebut diharapkan agar mahasiswa baru Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat menambah ilmu baru tentang kepenulisan karya ilmiah.

Dalam kegiatan Paper, Sharing, and Learning tahun ini, salah satu mahasiswa HI FISIP UNAIR Jihan Amirotul Farikhah berkesempatan menjadi pemateri. Adapun pemaparan materi yang disampaikan terbagi atas pengenalan, cara menemukan ide, hingga langkah-langkah pembuatan dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan dihadiri oleh 144 mahasiswa aktif K3 angkatan 2023. Pelaksanaan PSL ini dimulai dengan pemaparan materi mengenai pemahaman mindset yang dibuat sebelum membuat karya ilmiah. Perlu adanya alasan dan pemahaman terkait isu yang dibahas dalam memulai sebuah karya.

“Kreativitas akan diuji dalam pembuatan karya ini, siapa yang berani beda dengan ide out of the box nya dialah yang menang” jelas Jihan.

Dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok untuk menentukan tema dan judul yang akan digunakan dalam pembuatan karya ilmiah di mana nantinya akan diikutsertakan dalam sebuah lomba. Di penghujung acara, dimeriahkan dengan games dan rewards sebagai ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan.

Dalam kegiatan Paper, Sharing, and Learning 2023, antusiasme para peserta terlihat sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan ketika pemateri menjelaskan, para peserta selalu memperhatikan dan banyak yang mengajukan beberapa pertanyaan. Bahkan saat sesi diskusi kelompok, para peserta begitu sangat aktif dalam menentukan judul karya ilmiahnya.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini harapannya para peserta mampu mengembangkan hardskills untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat karya tulis ilmiah. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan memberi inovasi baru bagi generasi mahasiswa selanjutnya.

Penulis: Zahrotun Nurlita

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!