VOKASI UNAIR

Pengalaman PKL di Kurnia Dental Laboratorium oleh Mahasiswa D3 Teknik Gigi

PKL di Kurnia Dental Lab

VOKASI NEWS – PKL (Praktek Kerja Lapangan) merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa Vokasi. Pada Prodi D3 Teknik Gigi kegiatan PKL dilaksanakan pada semester 5. Seluruh mahasiswa semester 5 diwajibkan untuk mengikuti kegiatan PKL yang tentunya bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja dan menciptakan lulusan yang siap untuk bekerja. Selain itu kegiatan PKL ini sendiri sangat menambah pengalaman pribadi saya dalam pengetahuan maupun lingkungan pekerjaan yang memiliki kekeluargaan yang sangatlah erat dan hangat.

Kegiatan PKL Dewi dilaksanakan di Kurnia Dental Lab yang lokasinya ada di kav 11, Perumahan Regency One mojo, Jl. Mojo Kidul No.111, Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya. Banyak sekali pengalam dan hal baru yang saya dapatkan saat melakukan PKL di Kurnia. Banyak kasus-kasus baru yang tentunya belum pernah saya temui dikampus. Cara penyelesaian kegagalan yang sangat solutif serta banyak hal baru yang belum sempat diajarkan di kampus sudah saya dapatkan saat saya melakukan PKL di Kurnia.

Teknologi CAD CAM

Tidak hanya kasus-kasus baru yang saya temui tetapi banyak juga alat-alat yang tidak ada di prodi, seperti CAD CAM. CAD CAM sendiri merupakan alat desain digital yang menghasilkan gigi tiruan tanpa melakukan pelilinan dan casting. Gigi tiruan yang dihasilkan dari proses milling dan shintering ini tidak memiliki unsur logam sehingga memiliki tampilan yang lebih estetik dari pada yang memakai logam. Karena ketertarikan pasien sehingga orderan CAD CAM di Kurnia cukup banyak.

Bahan-Bahan di Kurnia Dental Lab

Selain teknologi baru banyak sekali bahan-bahan disana  yang tidak ada di prodi. Mulai dari valplast, biotone, acrytone, clear retainer, lucitone, e max, dan zirconia. Bahan- bahan tersebut memiliki kegunaan masing-masing, seperti valplast, acrytone, biotone, lucitone merupakan bahan yang digunakan pada bagian GTL atau GTSL. E max dan zircone merupakan bahan yang digunakan pada bagian porselen. Di Kurnia orderan porselen dan GTSL sanganlah banyak dan waktu pengerjaannya hanya 3-5 hari tergantung kasus yang dikerjakan.

Kesan Selama PKL

Selain ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan, saya juga mendapatkan rasa kekeluargaan yang sangat hangat di sana. Para karyawan di kurnia sangat welcome dengan kehadiran saya dan teman- teman. Mereka dengan sabar dan telaten memberikan kita penjelasan- penjelasan untuk saya dan teman-teman. Selain itu kita disana juga dipercaya untuk mengerjakan orderan tanpa mereka takut jika kita melakukan kegagalan karena kata mereka kegagalan itu hal yang wajar. Selama 3 minggu kita dibagi di setiap divisi, seperti 2 hari di GTSL 2 hari di Lab basah dan lainnya.

Dalam 2 hari tersebut kita diberi kesempatan untuk belajar dan menanyakan hal-hal yang dirasa kurang kita fahami. Menurut saya pribadi 2 hari itu kurang tetapi dengan keterbatasan waktu kita harus memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada. Selain itu di Kurnia pada hari jumat rutin diadakan makan bersama dan games yang diikuti oleh seluruh karyawan. Games dilakukan setelah melakukan makan bersama, games yang dilakukan hanya games yang seru-seruan saja seperti tebak tebakan atau siapa yang cepat mengambil hadiah yang sudah disiapkan.

Banyak hal yang saya dapatkan selama melakukan PKL ini. Saya juga enjoy sekali saat melakukan PKL karena lingkungan yang sangat baik dan sangat memahami saya dan teman- teman. Banyak juga pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan.

Penulis : Dewi Arum

Editor : Axa

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!