VOKASI UNAIR

How Was the Experience of 15 Days PKL at Mini Dental

Salah satu kegiatan di Mini Dental Lab

VOKASI NEWS – Mini Dental Laboratorium menjadi wadah untuk mahasiswa Teknik Gigi dalam mendapatkan pengalaman nyata sebelum terjun dalam dunia kerja.

Apakah kalian tahu apa sih PKL Itu?

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa atau siswa sebagai bagian dari kurikulum pendidikan mereka. PKL biasanya dilakukan di lingkungan kerja nyata yang terkait dengan bidang studi atau program pendidikan yang diambil oleh mahasiswa. Seperti halnya mahasiswa teknik gigi Universitas Airlangga Angkatan 2021 ini, mereka melakukan PKL di RSGM (Rumah Sakit Gigi Mulut) ataupun di Dental Laboratorium yang tersebar di Surabaya dan Sidoarjo. Mereka 51 mahasiswa Teknik Gigi dibagi menjadi 8 kelompok, Ada yang di RSGM Unair, Mini Dental Laboratorium, Abadi Dental Laboratorium, dan masih banyak lagi .

PKL di Mini Dental Lab

Kebetulan Dhevia mendapatkan tempat PKL di Mini Dental Laboratorium, jadi disini akan menceritakan pengalaman Dhevia selama 15 hari  PKL. Mini Dental Laboratorium terletak di Jalan Gubeng Masjid Timur SGO. Mini Dental Lab didirikan oleh Bapak Khusnul Khuluk yang kebetulan beliau juga alumni Teknik Gigi Universitas Airlangga. Di Mini Dental Laboratorium memiliki 23 karyawan yang kebanyakan juga merupakan alumni Teknik Gigi Universitas Airlangga.

Untuk mahasiswa yang PKL di Mini Dental laboratorium terdiri dari 6 anak. PKL mulai dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2023 – 14 Juli 2023. Padahal 26 juni -14 juli itu lebih dari 15 hari kok bisa cuma 15  hari? Ya benar untuk di Mini Dental hari kerjanya dimulai dari hari senin – sabtu dan untuk tanggal merah juga di liburkan. Sedangkan untuk jam kerjanya mulai dari jam 08.00 – 16.30 WIB. Karena keterbatasan tempat mahasiswa teknik gigi yang PKL di Mini Dental dibagi menjadi 2 sesi. Untuk sesi pertama di mulai dari jam 08.00 – 12.30 dan sesi 2 dari jam 12.30 – 16.30, setiap sesi terdiri dari 3 orang. Di Mini Dental Laboratorium terdiri dari 5 Divisi yakni divisi admin dan quality control, Porcelain, GTLL/GTSL, Orthodonti, dan kurir.

Selama PKL di Mini dental Laboratorium kita diajarkan berbagai hal mulai dari pembuatan galengan gigit, pelilinan, penyusunan gigi, pembuatan pasak, pembuatan mahkota akrilik, pembuatan busur, cengkeram Adams, klamer 2 jari, Adoro Sementara dari anasir gigi dan pembuatan inlay composite.

Pembuatan Inlay Composite

Hal yang menurut Dhevia paling  menarik selama PKL di Mini Dental adalah ketika diajarkan bagaimana cara pembuatan inlay composite. Dimana kita belum pernah membuatnya selama praktikum di kampus. Untuk proses pembuatan inlay Composite ini dimulai dari persiapan alat dan bahan yaitu PKT yang khusus digunakan untuk composite dan juga bahan opaque, composite dan translusent. Dalam proses ini juga menggunakan alat light curing. Proses pengaplikasian, dimulai dari mengaplikasikan opaque terlebih dahulu, opaque diulaskan  secara tipis dan merata pada model gigi, kemudian dilanjutkan dengan di light curing agar kering.

Setelah itu proses aplikasi composite, aplikasikan composite secara layering dan ditekan -tekan dengan PKT agar padat dan tidak ada udara yang terjebak didalam composite. Kemudian dilanjutkan dengan di light curing hingga composite keras. Lakukan berulang kali hingga  terbentuk anatomi gigi yang diinginkan. Apabila telah selesai proses aplikasi composite dilanjutkan dengan proses aplikasi translusent, aplikasikan translusent pada bagian cups dan marginal ridge,kemudian lanjutkan dengan  di light curing kembali.

Tahap terakhir yang perlu dlakukan adalah proses finishing dan polishing. Tahapa ini bertujuan untuk merapikan bagian yang tidak rapi, membentuk anatomi dan mengkilapkan inlay composite. Dan proses pembuatan inlay composite telah selesai. Mungkin Itu saja yang bisa aku ceritakan selama PKL di Mini Dental Laboratorium .Terimakasih

Penulis : Dhevia Kartika Putri Lunggar Rizki (152110513046)

Editor : Puspa

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!