VOKASI UNAIR

Get to Know Laskar Vokasi 2023

Get to Know Laskar Vokasi 2023

VOKASI NEWS – Laskar Vokasi Tahun 2023, menyenangkan dan banyak kegiatan bermanfaat.

Apa itu Laskar Vokasi?
Logo ARVO Arek Vokasi/dokumen istimewa

Logo ARVO Arek Vokasi/dokumen istimewa

Laskar Vokasi merupakan nama dari sebuah kegiatan yang dilakukan pada saat diterimanya mahasiswa baru. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru  di dalam fakultas vokasi. Mahasiswa baru yang bisa mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa yang  telah resmi diterima di Universitas Airlangga. Mahasiswa baru tersebut sudah dikukuhkan oleh rektor Universitas Airlangga. Laskar vokasi ada setelah adanya fakultas vokasi di Universitas Airlangga.

Foto saat kegiatan papermob/dokumen istimewa

Foto saat kegiatan papermob/dokumen istimewa

Laskar vokasi diadakan untuk kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi Mahasiswa baru. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan tentang apa saja yang ada di fakultas vokasi. Kegiatan itu sangatlah menyenangkan. Dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa menjadi lebih mengetahui lebih dalam tentang fakultas vokasi. Kegiatan tersebut adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa baru fakultas vokasi.

[BACA JUGA: Laskar Vokasi Menumbuhkan Jiwa Semangat Kolaborasi]

Kegiatan Laskar Vokasi

Pada kegiatan laskar vokasi, tentunya banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menarik.  Laskar Vokasi tahun ini 2023 diadakan di Gedung Airlangga Convention Centre dan di Kampus B. Kegiatan laskar vokasi ini dipandu oleh kakak tingkat yang berasal dari Fakultas Vokasi. Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa baru yang berjumlah ribuan. Karena, Fakultas Vokasi merupakan fakultas yang menerima mahasiswa baru terbanyak.

Kegiatan dilakukan selama 3 hari berturut-turut, kegiatan ini tahun ini diadakan pada tanggal 23,24,25 Agustus 2023. Tanggal 23-24 kegiatan Laskar Vokasi dilakukan di gedung ACC. Pada tanggal 25 Agustus, Kegiatan tersebut dilakukan di kampus B. Sekaligus penutupan kegiatan Laskar Vokasi tahun 2023. Sebelum dilakukan kegiatan Laskar Vokasi, pada tanggal 22 sudah dibentuk kelompok. Kelompok merupakan gabungan dari beberapa mahasiswa yang berbeda program studi. Dalam kegiatan ini  mahasiswa baru diberikan tuga oleh para panitia.

Pra PKKMB Laskar Vokasi

PRA PKKMB diadakan sebelum kegiatan laskar vokasi. Pada saat tanggal 22 Agustus tahun 2023, Mahasiswa baru diajak untuk mengikuti zoom. Zoom dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan apa saja yang akan di bawa pada saat kegiatan Laskar Vokasi. Pada saat ini mahasiswa baru mempersiapkan ID Card. ID Card akan digunakan pada Kegiatan Laskar Vokasi, dengan ketentuan yang telah ditentukan.

Mahasiswa baru  diminta untuk membuat twibbon yang  terdapat foto mahasiswa baru. Saat meng upload foto twibon tersebut, mahasiswa baru diminta untuk memberikan caption yang menarik. Mahasiswa baru mencatat materi atau meresume materi yang diberikan  saat kegiatan Laskar Vokasi. Tugas wajib dikumpulkan di Instagram, web vokasi, tiktok. Setiap tugas wajib  dipenuhi oleh mahasiswa baru Fakultas Vokasi.

LASKAR VOKASI DAY 1

Laskar Vokasi day 1 dilakukan di Gedung Airlangga Convention Centre. Mahasiswa baru harus datang sebelum pukul 07.00 WIB. Pada waktu laskar vokasi day 1 mahasiswa baru diminta untuk membuat vlog, karena vlog tersebut merupaka penugasan yang diberikan. Mahasiswa diminta membuat video perkenalan se kreatif mungkindi upload di tiktok. Pada saat mendengarkan pemateri, Mahasiswa ditugaskan untuk meresume apa yang telah disampaikan oleh pemateri.

Pada hari pertama laskar vokasi, mahasiswa membawa snack yang telah ditentukan untuk kegiatan sarapan bersama. Kemudian, meresume materi 100 kata tiap materi. Kemudian, tugas KABAR ( kawan baru vokasi)  dikumpulkan di tiktok pribadi. Tugas KABAR ini adalah kelompok. Kemudian, membuat video IPK yaitu perkenalan diri meliputi nama, asal prodi, dll. Lalu, membuat AKAR (After Laskar DAY 1) yang di upload di tiktok dan instagram.

LASKAR VOKASI DAY 2
Foto kelompok saat kegiatan Laskar Vokasi/dokumen istimewa

Foto kelompok saat kegiatan Laskar Vokasi/dokumen istimewa

Laskar vokasi day 2 dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023. Penugasan pada laskar day 2 adalah mahasiswa membawa snack untuk kegiatan sarapan bersama. Laskar vokasi hari kedua ini mahasiswa meresume materi 100 kata. Materi  ini memiliki tema “The roles of vocational education in society 5.0”. Materi disampaikan oleh presiden BEM Fakultas Vokasi.

Penugasan selanjutnya adalah Crictical Tweets, yaitu membuat artikel dengan tema FGD yang telah didapatkan.Tugas Crictical tweets merupakan tugas individu yang diunggah pada twetter pribadi. Bukan hanya twetter, namun diunggah juga pada website laskar vokasi. Lalu, tugas FGD yaitu diskusi kelompok dengan tema sesuai sudut pandang yang didapat. Tugas terakhir yaitu AKAR (After Laskar Day 2) membuat vlog tentang kegiatan laskar day 2.

LASKAR DAY 3
Foto kegiatan penutupan Laskar Vokasi/dokumen istimewa

Foto kegiatan penutupan Laskar Vokasi/dokumen istimewa

Laskar Day 3 merupakan kegiatan laskar vokasi hari terakhir yang berada di kampus B UNAIR. Penugasan laskar vokasi day 3 adalah Sarapan Bersama, berkumpulnya sesuai prodi. Dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan program studi yang disampaikan oleh beberapa dosen. Kemudian membuat resume materi hari ketiga, membuat infrografis tentang fakultas vokasi. Kemudian membuat roadmap 5 tahun kedepan, membuat video Euphoria Finale.

Mahasiswa  berkumpul di depan gedung fakultas vokasi,lalu menampilkan kreasi dari perwakilan mahasiswa baru. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas vokasi. Dilanjutkan Pelepasan Burung dan memakaikan jas almamater kepada mahasiswa baru . Dibacanya sumpah mahasiswa oleh seluruh mahasiswa dan diiringi lagu darah juang. Diakhiri dengan sesi foto bareng setiap program studi fakultas vokasi Universitas Airlangga.

***

Nama Penulis             : Anur Rotul Jannah

Nama Pembimbing   : Dessy Harisanty

Program Studi            : Perpustakaan

Editor                          : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!