VOKASI UNAIR

Pengaruh Aktif dalam Organisasi BEM Vokasi pada Dunia Kerja

Flyer pengaruh organisasi BEM dalam dunia kerja

VOKASI NEWS – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi merupakan wadah mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR dalam menyalurkan minat dan pengalamannya di bidang keorganisasian. Berkedudukan di Fakultas Vokasi UNAIR, BEM FV berlandaskan pancasila dan menjunjung tinggi nilai tri dharma perguruan tinggi

Program Kerja BEM Vokasi yang Berpengaruh dalam Dunia Kerja

Diskusi menyelesaikan permasalahan dalam suatu program kerja merupakan sesuatu yang berpengaruh dalam  dunia kerja, seperti menyelesaikan program kerja hingga tuntas. Pengeksekusian rencana dalam suatu program kerja juga merupakan sesuatu yang berpengaruh dalam dunia kerja. Komunikatif dan saling bersinergi dalam team saat menyelesaikan program kerja termasuk salah satu yang berpengaruh dalam dunia kerja.

Pengaruh dari Mengikuti BEM Vokasi pada Dunia Kerja

Bagi mahasiswa yang pernah mengikuti suatu organisasi seringkali mendapat perhatian di dunia kerja karena sudah berpengalaman dalam menyelesaikan suatu kewajiban. Mahasiswa yang pernah mengikuti organisasi BEM Vokasi dipastikan bertanggungjawab terhadap amanah yang diberikan kepadanya. Selain itu, mahasiswa tersebut tidak akan bingung dan gugup jika di dalam menjalankan tugas terdapat permasalahan. Mahasiswa juga akan terbiasa menyelesaikan tugas dengan cekatan karena sudah terlatih ketika berorganisasi di BEM Vokasi sebelumnya.

Pentingnya Mengikuti Organisasi untuk Pembekalan di Dunia Kerja

Mengikuti suatu organisasi seperti BEM Vokasi itu penting karena bisa membentuk mental yang kuat dan bertanggungjawab. Dengan berorganisasi seseorang bisa mencari solusi dalam keadaan mendesak. Mahasiswa yang pernah berorganisasi mudah beradaptasi dengan suasana baru. Karena sebelumnya di organisasi BEM Vokasi sudah seringkali menjumpai orang-orang yang berbeda baik berbeda pendapat,sifat, dan karakter.

Dalam berorganisasi di BEM Vokasi juga dilatih untuk bekerja sebagai tim maupun individual. Ketika mahasiswa yang terbiasa berorganisasi masuk dunia kerja tidak hanya berguna untuk diri sendiri namun juga berguna untuk orang lain. Dengan kinerja yang bagus baik dari segi individual maupun berkelompok pasti mendapatkan respon baik dari instansi.

Peran Penting Bem Vokasi dalam Mengasah Skill pada Dunia Kerja

Program kerja organisasi BEM Vokasi dapat meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa yang dapat dijadikan bekal di dunia kerja. Soft skill dan hard skill akan sangat berguna dalam melakukan suatu pekerjan di dunia kerja. Suatu instansi akan mempertimbangkan dalam memilih pekerja yang memiliki soft skill dan hard skill dan yang tidak memiliki. Karena soft skill dan hard skill itu sangat berpengaruh pada seseorang di dunia kerja.

Relasi yang Nantinya akan Didapatkan dalam Mengikuti BEM yang Berpengaruh dalam Dunia Kerja

Selama mahasiswa aktif dalam organisasi pada saat kuliah secara tidak langsung telah menambah relasi dan wawasan dari banyak pemikiran. Relasi dan wawasan didapat dari individu yang berbeda beda dan pengalaman yang telah dilakukan selama mengikuti organisasi BEM Vokasi. Mahasiswa yang bisa menunjukkan kinerja yang baik di organisasi bukan tidak mungkin suatu hari nanti keterampilan mahasiswa tersebut akan dibutuhkan. Relasi yang sudah kita bangun dari awal akan berguna dalam menghadapi dunia kerja kedepannya.

Cara Memanajemen Waktu antara Berorganisasi dan Mengikuti Perkuliahan

Mengikuti organisasi BEM Vokasi itu merupakan hal yang bagus bagi mahasiswa karena banyak hal-hal positif yang didapat didalamnya. Tetapi mahasiswa tidak boleh menyepelekan perkuliahan karena itu juga menjadi salah satu syarat untuk kelulusan. Mahasiswa harus bijak dalam mengambil keputusan untuk memilih antara organisasi atau mengikuti mata kuliah. Kuliah itu penting tapi tanpa mengikuti organisasi kuliah itu tidak ada artinya.

Mahasiswa harus membuat jadwal dimana semua itu balance antara perkuliahan, organisasi dan waktu istirahat agar Kesehatan juga terjaga. Jadwal waktu yang tidak seimbang maka satu diantaranya akan tidak terlaksanakan secara maksimal. Maka dari itu mahasiswa harus bijak dalam mengatur waktu dengan sebaik mungkin.

Penulis : Ircham Ali Mahzuri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!