VOKASI UNAIR

Peran Perpustakaan dalam Kehidupan Mahasiswa Universitas Airlangga

Peran Perpustakaan dalam Kehidupan Mahasiswa Universitas Airlangga

VOKASI NEWS – Perpustakaan adalah jantung informasi di dalam lingkungan universitas. Selain itu, perpustakaan juga merupakan aset penting bagi para mahasiswa dan civitas univeritas untuk mendapatkan informasi. Dewasa ini perpustakaan bukan hanya difungsikan untuk menjadi ruangan baca tetapi juga untuk menjadi tempat diskusi dan tempat hangout.

Salah satu contohnya ialah perpustakaan pusat yang terletak di kampus B UNAIR. Dalam perpustakaan tersebut memiliki tempat atau ruangan khusus untuk diskusi dan movie. Ruangan movie ini digunakan mahasiswa untuk menonton film atau dokumentasi yang telah disediakan oleh perpustakaan. Selain itu, terdapat sudut keratif dimana kita bisa mengekspresikan diri kita dengan tampil di depan unutk mengasah bakat kita unutk tampil sendiri kita disediakan ruangan untuk karaoke standup dan podcast.

Di dalam artikel ini akan menguraikan bagaimana impact atau dampak yang disebabkan oleh perpustakaan kepada para mahasiswa dan bagaimana perpustakaan ini dapat mendukung pengembangan akademik mereka melalui informasi mulai dari buku fisik, buku non fisik, dan repository.

Sumber Pengetahuan yang dapat Diakses dengan Mudah

Di masa sekarang, harga buku baik fiksi dan non-fiksi melambung tinggi. Sehingga perpustakaan menyediakan berbagai koleksi yang dapat diakses secara gratis bagi para pengunjungnya. Perpustakaan modern sekarang bahkan sudah mempunyai fasilitas fasilitias seperti buku elektronik yang mungkin susah untuk didapatkan di tempat lain. Perpustakaan universitas juga biasanya menyediakan repository yang bisa membantu para mahasiswa dalam research atau tugas akhir mereka yang nantinya akan dijadikan sebagai referensi.

Mendukung dalam Penelitian Tugas

Ketika mahasiswa mendapatkan proyek yang berhubungan dengan penilitian atau pencarian sumber informasi, perpustakaan menjadi tempat paling tepat untuk mendapatkan informas-informasi tersebut. Perpustakaan bisa membantu melengkapi atau menambah data yang mungkin sebelumnya belum ada di dalam projek baik itu skripsi atau tugas lainnya.

“ Perpustakaan itu sangatlah penting unutk membantu kita sebagai mahasiswa dalam mengerjakan tugas, karena ya emang disana tempatnya informasi kalau di buku fisik nggak ada kita bisa cari di e book lewat opac, lagi jawaban saya adalah peran perpustakaan itu sangatlah viatal unutk membantu saya mengerjakan tugas-tugas dan dalam mencari referensi atau sekedar baca-baca fun aja” ucap Ircham Ali Mahzuri

Dari jawaban diatas kita bisaa ambil sebuah kesimpulan kalau memang perpustakaan adalah benar merupakan jantungnya informasi di perguruan tinggi.

Menjadi Lingkungan Belajar yang Nyaman dan Tenang

Perpustakaan menjadi tempat  yang nyaman dan tenang untuk kegiatan belajar baik itu belajar kelompok yang memerlukan diskusi atau belajar sendirian. Perpustakaan airlangga menyediakan ruangan bagi para mahasiswa untuk berdiskusi berkelompok dengan susasana yang nyaman sehingga mendukung ke-efektifan belajar dari mahasiswa. Bila mahasiswa menginginkan belajar sendiri dengan suasana yang nyaman terdapat fasilitas yang menyediakan mahasiswa belajar di ruangan yang nyaman dan tenang.

“ada di perpustakaan itu udah kaya nongkrong aja, kita bisa wifian sambil lesehan dan ngobrol sama temen temen pokoknya santai lah di perpustakaan” ucap Alif Albany yang merupakan mahasiswa baru Universitas Airlangga.

Dari jawaban Alif tadi kita bisa simpulkan bahwa perpustakaan itu nyaman bukan hanya untuk membaca tapi juga nyaman unutk hal hal lain. Contohnya yakni diskusi atau sekedar istirahat dari jam kampus yang padat.

Perpustakaan menjadi sumber informasi bagi para mahasiswa untuk mendapatkan informasi dan arsip informasi. Adanya perpustakaan ini menjadikan pencarian informasi lebih mudah dan efektif. Perpustakaan membantu para mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah. Hla tersebut dikarenakan bisa menjadi referensi dan topik yang dimana itu berperan dalam mendukung penelitian mereka. Perpustakaan UNAIR bukan hanya tempat membaca buku saja, tetapi juga terdapat ruang movio. Ruang ini digunakan untuk menonton film dan ruang kreatif untuk menampilkan bakat mahasiswa.

Penulis : Shahrul Fauzi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!