VOKASI UNAIR

Manfaat ‘Nyata’ Laskar Vokasi Universitas Airlangga

Manfaat Nyata Laskar Vokasi UNAIR/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Manfaat nyata dari adanya kegiatan Laskar Vokasi Universitas Airlangga 2023.

Pada tanggal 23-25 Agustus 2023, Fakultas Vokasi mengadakan ospek untuk para maba. Pasti semua orang jika mendengar kata ospek akan dihantui rasa takut. Namun, Fakultas Vokasi mematahkan hal itu karena di ospek fakultas ini sangat seru dan kita bisa mengenal Fakultas Vokasi jauh lebih dalam melalui kegiatan “Laskar Vokasi”. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita ambil melalui kegiatan Laskar Vokasi.

Mengenal lebih dalam Fakultas Vokasi

Manfaat pertama yang dapat kita ambil yakni mengenal lebih dalam mengenai Fakultas Vokasi. Di dalam rangkaian kegiatan ‘Laskar Vokasi’ di hari pertama kita dikenalkan beberapa jajaran pimpinan Fakultas di Fakultas Vokasi. Selain dikenalkan beberapa jajaran pimpinan, juga diberi materi mengenai Sejarah Fakultas Vokasi, Profil dan Prestasi. Selain itu juga ada materi yang memaparkan beberapa kegiatan akademik dan kemahasiswaan di Fakultas Vokasi.

[BACA JUGA: Timeline Laskar Vokasi 2023: Kegiatan Seru untuk Mahasiswa Baru]

Manfaat Nyata Laskar Vokasi: Menambah Relasi

Selain mengenal lebih dalam tentang Fakultas Vokasi, melalui kegiatan ‘Laskar Vokasi’ ini bisa menambah relasi. Karena di dalam kegiatan ‘Laskar Vokasi’ para mahasiswa Fakultas Vokasi dari berbagai prodi akan dibentuk dalam sebuah kelompok. Jadi, disini tidak hanya sebatas mengenal teman satu prodi saja tetapi juga mengenal mahasiswa dari prodi lain. Tidak hanya mengenal nama mahasiswa lain tetapi juga bisa sharing mengenai kegiatan akademik apa saja di prodi lain yang ada di Fakultas Vokasi.

Membentuk Karakter Disiplin Mahasiswa Fakultas Vokasi

Membentuk karakter yang dimaksud di sini beragam macamnya, contohnya membentuk karakter disiplin. Saat ‘Laskar Vokasi’ mahasiswa diberi beberapa tugas ospek, mahasiswa akan berusaha untuk mengerjakan tugas ospek dengan tepat waktu. Karena disetiap tugas ospek ada deadline yang sudah ditentukan. Hal itu, akan melatih kedisiplinan mahasiswa untuk mengerjakan tugas sesuai deadline yang ditentukan.

Belajar untuk Selalu Bekerja Sama, Manfaat Nyata Laskar Vokasi

Bekerja sama sangat dibutuhkan di setiap rangkaian kegiatan ‘Laskar Vokasi’. Karena saat ‘Laskar Vokasi’ kita dibentuk beberapa kelompok dan diberi beberapa tugas kelompok. Di dalam kelompok, semua anggota kelompok harus mampu untuk melakukan kerja sama dengan baik karena hal ini penentu kekompakan kelompok. Dengan begitu, bisa mengasah skill kerja sama yang berguna untuk dunia perkuliahan.

Contohnya saat ospek disuruh untuk adu yel-yel dengan kelompok lain, disinilah kerja sama kelompok sangat dibutuhkan karena akan membuat kelompok itu terlihat kompak. Selain tugas yel yel, ada forum diskusi FGD dimana setiap kelompok akan beradu argument dengan kelompok lain. Setiap kelompok akan disuruh untuk berdiskusi dan saling bekerja sama untuk menentukan argumen terkuat. Jika suatu kelompok tidak menerapkan kerja sama maka hasil FGD itu nanti tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Dapat Melatih Mental

Pada dasarnya, kegiatan orientasi ‘Laskar Vokasi’ ini akan melatih mental mahasiswa. Mahasiswa akan dipersiapkan untuk lebih siap menjalani kehidupan kampus yang sepenuhnya berbeda dengan kehidupan sekolah. Di sinilah mahasiswa akan mulai beradaptasi mulai dari suasana, kegiatan akademik dan sebagainya. Tugas-tugas yang diberikan oleh kakak pendamping akan melatih psikologis agar bisa tetap tenang dalam kondisi yang penuh tekanan.

Biasanya, mahasiswa akan diberi tugas untuk membuat nametag dari bahan-bahan tertentu, model atau bentuk nametag tertentu dan sebagainya. Nah, tantangan ini akan melatih mahasiswa untuk tenang dan berpikir positif untuk mencari jalan keluar. Mahasiswa akan mencari cara untuk tetap tenang dalam mengerjakan beberapa tugas tersebut meskipun awalnya mereka akan banyak mengeluh. Hal tersebut secara perlahan akan melatih mental para mahasiswa agar lebih kuat kedepannya dalam menghadapi dunia perkuliahan.

***

Penulis             : Devina Putri Hariyanti

Pembimbing    : Dessy Harisanty

Program Studi : Perpustakaan

Editor              : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!