VOKASI UNAIR

Timeline Laskar Vokasi 2023: Kegiatan Seru untuk Mahasiswa Baru

Timeline Laskar Vokasi UNAIR/dokumen istimewa

VOKASI – Timeline Laskar Vokasi Universitas Airlangga tahun 2023 dikemas dengan sistematis agar seru untuk mahasiswa baru.

Di dalam kegiatan laskar vokasi, tentunya banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menarik. Laskar Vokasi tahun ini diadakan di Gedung Airlangga Convention Centre. Selain itu beberapa kegiatan juga diadakan di Gedung Vokasi yaitu tepatnya di kampus B. Kegiatan laskar vokasi ini dibimbing oleh panitia yang berasal dari Fakultas Vokasi. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa baru yang berjumlah ribuan. Bahkan fakultas itu disebut-sebut sebagai penerima mahasiswa baru terbaru.

Laskar Vokasi sendiri adalah kegiatan ospek Fakultas Vokasi yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Agustus 2023. Semua mahasiswa baru wajib melakukan kegiatan ospek.  Tujuannya untuk menumbuhkan jiwa semangat berkolaborasi, dan memperkenalkan pada dunia perkuliahan. Laskar vokasi juga bertujuan agar mahasiswa baru harus bisa berpikir kritis dan belajar berani mengambil resiko.

Berikut ini adalah Timeline Laskar Vokasi 2023:

DAY 1

Pada hari pertama kegiatan dilakukan dengan penyampaian materi kegiatan akademik. Materi ini berisi tentang sejarah lahirnya Fakultas Vokasi di Universitas Airlangga. Selanjutnya adalah materi MBKM berisi tentang kegiatan belajar mahasiswa yang menjadikan mahasiswa menjadi pantang menyerah dan tidak putus asa di era Society 5.0. Dari materi tersebut mahasiswa baru dibimbing agar semangat dalam menempuh apa yang mahasiswa butuhkan.

[BACA JUGA: Senam Pagi Bareng Civitas Akademika Fakultas Vokasi Universitas Airlangga]

DAY 2

Materi pada hari kedua adalah pembahasan mengenai BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Vokasi. Tema yang diangkat ialah “The roles of vocational education in society 5.0”. Materi disampaikan oleh presiden BEM Fakultas Vokasi. BEM sendiri berfungsi sebagai jembatan penghubung antara mahasiswa dan Lembaga. Selain itu, BEM juga didapuk sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada pihak lembaga.

DAY 3

Ini merupakan kegiatan laskar vokasi hari terakhir yang berada di kampus B UNAIR. Hari ini beda dengan sebelumnya. Karena pada hari terakhir ini berkumpulnya semua prodi. Dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan program studi yang disampaikan oleh beberapa dosen prodi. Kemudian membuat resume. Kegiatan ini memberikan banyak sekali manfaat bagi mahasiswa kerena selain menumbuhkan jiwa berkolaborasi, juga menumbukan jiwa berpikir kritis. Selain itu, mahasiswa mengemukakan pendapat dengan tidak mementingkan pendapat sendiri sehingga ditemukannya jalan keluar untuk kegiatan tersebut.

Setelah itu mahasiswa baru berkumpul di depan gedung Fakultas Vokasi, lalu menampilkan kreasi dari perwakilan mahasiswa baru. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Vokasi UNAIR. Dilanjutkan Pelepasan Burung dan memakaikan jas almamater kepada mahasiswa baru. Kemudian membaca sumpah mahasiswa oleh seluruh mahasiswa dan diiringi lagu Darah Juang. Diakhiri dengan sesi foto bareng setiap program studi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

***

Penulis: Muhammad Zaky Dewananda

Dosen pembimbing: Dessy Harisanty

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!