VOKASI UNAIR

Sekelumit Cerita dari Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga 2023

Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga 2023/dokumen istimewa

VOKASI – Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Tahun 2023 diselenggarakan dengan penuh keseruan.

Pembukaan A cara

Pada tanggal 16 Agustus 2023 telah dilaksanakan pengukuhan mahasiswa baru Universitas Airlangga. Pengukuhan berlangsung pada pukul 06.00 pagi. Mahasiswa terlihat disambut oleh panitia acara dengan ditabuhannya alat perkusi panitia acara terlihat senang menyambut mahasiswa baru (maba). Kali pertama, maba akan melakukan QR presensi yang telah didesediakan. Setelah berhasil melakukan presensi, maba dihimbau untuk mengantri masuk di Gedung ACC Unair.

Setelah mahasiswa berhasil memasuki gedung ACC, mahasiswa akan diarahkan oleh panitia agar duduk dengan nyaman dan tertib. Acara pembukaan pun dimulai. Semua petinggi UNAIR sudah ada di kursi masing-masing, terlihat ada satu pria yang memegang lonceng dan dihentakannya lonceng itu ke tanah. Acara pun dilanjutkan dengan sakral dan khidmat. Pengukuhan mahasiswa Universitas Airlangga pun resmi telah dibuka.

[BACA JUGA: Keseruan di Balik Kegiatan PKKMB UNAIR 2023]

PKKMB UNAIR 2023 Resmi Dibuka

Setelah acara resmi dibuka, Rektor Universitas Airlangga pun memberikan perayaan kepada mahasiswa baru. Setelah pak rektor memberikan kata sambutan, salah satu perwakilan orang tua pun memberi kata sambutan kepada mahasiswa. Mendengar perwakilan perjuangan orang tua mahasiswa tersebut pun menjadi terharu dan termotivasi. Setelah selesai acara tersebut, Rektor UNAIR mempersilakan perwakilan mahasiswa baru untuk maju kedepan. Mahasiswa baru tersebut pun terlihat senang dipersilakan maju didepan acara.

Perwakilan siswa tersebut cukup bisa menghibur para petinggi dan siswa baru di sana. Setelah acara menghibur tersebut, Rektor UNAIR memberi pertanyaan, mahasiswa tersebut pun dengan sumringah menjawab. Setelah sesi tanya jawab tersebut, Rektor UNAIR mempersilakan mahasiswa menampilkan sesi acara untuk penghiburan. Salah satunya adalah menyanyi.

Kegiatan Dikemas dengan Nuansa Edutainment

Terlihat flash hp telah menyala memenuhi gedung ACC tersebut. Acara berlangsung sangat meriah dan seru. Usai acara tersebut, Rektor UNAIR sekali lagi memberikan kesempatan untuk sesi bernyanyi. Tak kalah seru dengan yang pertama tadi, siswa kali ini terlihat lebih-lebih bersemangat mengikuti nyanyian ini. Setelah acara tersebut selesai, Rektor UNAIR sekali lagi memberikan kata Berbagai kepada mahasiswa baru atas keberhasilannya diterima di Universitas Airlangga.

Usai acara tersebut, mahasiswa terlihat diberi materi oleh dosen Universitas Airlangga. Siswa pun mencatat dan mendengarkan materi tersebut, tidak hanya materi saja yang diberikan, tetapi juga keseruan yang lain. Salah satu contohnya adalah materi tentang psikologi. Pemateri mengajak siswa baru untuk menguji kemampuan berkonsentrasi. Pemateri memberikan sesi tanya jawab dan yang menjawab akan diberikan hadiah. Setelah semua pemateri selesai siswa diberi waktu ISHOMA diluar gedung ACC.

Penutupan Acara

Selesai mahasiswa ISHOMA dipersilakan masuk lagi ke gedung ACC. Setelah siswa sudah duduk ditempat masing-masing, mc juga terlihat mulai membuka acara. Acara pertama yaitu pengenalan BEM kepada mahasiswa baru, setiap ketua BEM mengajar dengan semangat menyuarakan suara. Setelah perkenalan masing-masing ketua BEM fakultas, ketua BEM universitas terlihat menaiki panggung.

Ketua BEM dengan semangat menyuruh mahasiswa berdiri dan melepaskan jas alamater untuk mengucap janji mahasiswa. Suara mahasiswa terlihat memenuhi gedung ACC tersebut, mahasiswa bersuara dengan lantang. Selesai acara tersebut, ketua BEM menuruni panggung, ada acara penampilan yaitu penampilan dari kakak tingkay berupa teater. Mahasiswa sangat bersemangat melihat acara tersebut. Setelah itu acara resmi ditutup, siswa kembali melakukan presentasi pulang.

***

Penulis: Talitha Agustya Nadhira

Pembimbing : Dessy Harisanty

Program Studi: Perpustakaan

Redaksi : Tim Branding Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!