VOKASI UNAIR

HIEDESCOM, HIMASI Web Design Competition 2023

HIEDESCOM Web Design/dokumen istimewa

VOKASI – HIMASI Web Design Competition telah berhasil digelar dan meningkatkan jiwa kompetitif.

Dalam era digitalisasi yang semakin kompetitif dan bervariasi ini menciptakan perubahan yang begitu cepat. Kemajuan teknologi telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu perubahan yang sangat terlihat adalah bagaimana teknologi merubah cara kita berinteraksi dengan kota tempat tinggal kita. Gambaran nyata dari kemajuan tersebut terdapat dalam konsep “Smart City”.

Konsep Smart City

Saat ini kota-kota besar di seluruh dunia sedang menjalani proses menuju transformasi menjadi “Smart City.” Transformasi tersebut melibatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya untuk mengoptimalkan berbagai aspek kehidupan perkotaan. Dalam situasi ini, menyebabkan setiap individu yang terlibat dikelilingi oleh berbagai aplikasi, informasi, dan perangkat canggih. Hal tersebu memacu individu untuk mengembangkan segala potensi yang mereka miliki. Proses pengembangan potensi sumber daya manusia ini bertujuan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan saat ini dan di masa depan. Meskipun generasi muda telah menunjukkan minat besar terhadap teknologi, seringkali lebih fokus terhadap hiburan

Dengan demikian, untuk menggiring minat generasi muda ke hal-hal yang lebih bermanfaat, maka minat tersebut harus dikembangkan. Salah satu faktor yang memberikan pengaruh adalah kesempatan yang disediakan oleh berbagai pihak melalui kompetisi atau turnamen sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas. Kompetisi yang akan diselenggarakan oleh HIMASI ini memiliki harapan untuk mewadahi bakat generasi.

[BACA JUGA: Sekelumit Cerita dari Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga 2023]

HIMASI Web Design: Wadah Pengembangan Diri Generasi Muda

HIEDESCOM merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh bidang keilmuan dari Himpunan Mahasiswa D-III Sistem Informasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Kegiatan yang diselenggarakan berupa perlombaan web design. HIEDESCOM menjadi wadah untuk peserta dari kalangan siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia dalam mengembangkan bakat dalam bidang teknologi.

HIEDESCOM mengusung tema “Inovasi dan Teknologi di Balik Smart City: Transformasi Menuju Masa Depan yang Lebih Berkelanjutan.” Tema tersebut berarti inovasi dan teknologi berperan penting dalam menciptakan perubahan. Khususnya dalam pengelolaan kota menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Diharapkan konsep tersebut dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Seluruh rangkaian acara pada HIEDESCOM tahun ini dilaksanakan secara daring. Kegiatan HIEDESCOM diawali dengan dibukanya pendaftaran gelombang pertama pertengahan juni lalu, tepatnya tertanggal 19 Juni – 29 Juni 2023. Kegiatan pendaftaran kemudian berlanjut ke gelombang kedua yang dibuka sehari setelahnya, yakni 30 Juni – 10 Juli 2023. Lalu, pendaftaran gelombang ketiga yang dibuka pada 11 Juli – 21 Juli 2023. Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa-siswi yang mendaftar pada kegiatan HIEDESCOM tahun ini.

Final Round HIEDESCOM 2023
Potret Kegiatan Final Round HIEDESCOM/dokumen istimewa

Potret Kegiatan Final Round HIEDESCOM/dokumen istimewa

Perlombaan dimulai sejak peserta melakukan finalisasi pembayaran. Mereka dapat membuat web design dengan ketentuan tema “Inovasi dan Teknologi di Balik Smart City: Transformasi Menuju Masa Depan yang Lebih Berkelanjutan”. Pengumpulan karya dibatasi pada tanggal 13 Agustus 2023. Bagi tim yang lolos seleksi mereka akan melanjutkan perlombaan mereka ke final round, yakni tepatnya di tanggal 10 September 2023

Acara puncak pada 10 September 2023 berlangsung mengasyikkan. Para peserta dapat langsung mempresentasikan hasil karya mereka dihadapan para juri. Kegiatan  ini diselenggarakan secara daring melalui platform zoom pada pukul 08.00 WIB. Acara dibuka dengan bacaan doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing oleh Anisa Maharani, Master of Ceremony pada hari itu. Kemudian, acara diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana yakni Andi Akhsanul. Sambutan kedua disampaikan oleh ketua himpunan mahasiswa yaitu Alan Bagus Prayogo. Lalu, sambutan ketiga oleh koordinator program studi yakni ibu Fitri Retlialisca. Hingga, sambutan terakhir disampaikan oleh wakil dekan 1 yakni Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si.

Setelah sambutan, acara inti pun dimulai. Para peserta melakukan sharescreen untuk mempresentasikan hasil karyanya untuk dinilai para juri. Sampailah pada penutup acara, namun sebelum acara ditutup, disampaikanlah pemenang kompetisi akan diumumkan pada tanggal 13 September 2023.

***

Penulis : AISYAH AZZAHRA AULIA – D4 Teknik Informatika

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!