VOKASI UNAIR

Ruang Dialog Produktif Mahasiswa dengan Fakultas Vokasi Melalui Dengar Suara Mahasiswa (DESMA)

VOKASI NEWS – Pada tanggal 23/09/2023, Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) FV UNAIR mengadakan kegiatan “Dengar Suara Mahasiswa” (Desma) di Ruang 205 Gedung Vokasi A Universitas Airlangga. Acara ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada mahasiswa Vokasi UNAIR dalam menyampaikan aspirasi, pendapat, dan harapan mereka terkait kehidupan kampus. Desma ini dihadiri oleh Presbem, Wapresbem, Perwakilan Dewan Legislatif Mahasiswa dan perwakilan Himpunan Mahasiswa setiap program studi Vokasi. Pada kegiatan Dengar Suara Mahasiswa BEM dan setiap perwakilan Himpunan Mahasiswa berhak menyuarakan suara dan aspirasi mereka tentang kinerja Fakultas Vokasi hingga kinerja Universitas Airlangga dalam memberikan pelayanan pada Mahasiswa Fakultas Vokasi.

Kehadiran BEM dan beberapa perwakilan Hima Prodi disini dengan tujuan mereka dapat menjadi perwakilan mahasiswa Fakultas Vokasi dalam menyuarakan aspirasi mereka mengenai kehidupan kampus Universitas Airlanga. Aspirasi mereka yang terdiri dari beberapa aspek seperti aspirasi mengenai sarana pra sarana, pelayanan administrasi, dan pelayanan dan kenyamanan belajar. Aspirasi mereka nantinya akan ditampung oleh BLM FV dan akan di lanjutkan ke program kerja selanjutnya. DLM sendiri juga mengambil peran dalam Desma kali ini dengan menjawab beberapa aspirasi mengenai sarana pra sarana serta kinerja Universitas Airlangga.

Garis Besar Aspirasi Mahasiswa Vokasi UNAIR

Aspirasi yang telah terkumpul akan dibagikan dalam beberapa aspek salah satunya adalah aspirasi mengenai sarana pra sarana. Sarana pra sarana memang menjadi aspek penting dalam menunjang kenyamanan kehidupan mahasiswa, namun banyak dari sarana pra sarana mahasiswa vokasi yang masih belum terpenuhi diantaranya adalah mengenai wilayah parkir kampus B Universitas Airlangga yang terbilang masih sempit dan kurang adanya lahan sebab banyaknya mahasiswa baru di tahun ajaran ini. Ada juga aspirasi mengenai fasilitas ruang kelas yang tidak terawatt seperti AC, LCD, dan juga proyektor yang rusak dan belum ada tindakan perbaikan atau pergantian dengan yang baru.

Aspek aspirasi lain yang menonjol ialah mengenai administratif, beberapa perwakilan ormawa mengeluhkan adanya kekurangan dalam pelayanan administrative di fakultas vokasi, salah satunya mengenai perihal surat menyurat. Sudah menjadi kewajiban setiap Ormawa untuk membuat surat peminjaman atau surat izin kegiatan untuk kebutuhan program kerja mereka, namun sering kali surat dikembalikan karena perlu adanya revisi tanpa adanya kejelasan dimana letak revisi tersebut. Ada juga aspirasi lain seperti permasalahan SKP, dan permasalahan perlombaan.

Kinerja BLM juga tidak luput menjadi aspek aspirasi yang di suarakan oleh Ormawa Fakultas Vokasi. Kinerja BLM diniai masih kurang dan butuh lebih banyak koordinasi dengan BEM agar tercipta BLM yang efektif. Ormawa juga meminta agar BLM lebih terbuka dan membantu mahasiswa Fakultas Vokasi. BLM akan berusaha untuk memperbaiki kinerja mereka dan dengan senang hati menerima aspirasi serta saran oleh BEM dan Ormawa Fakultas Vokasi.

Penulis: Bintang Pratama Wika Gunawan

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!