VOKASI UNAIR

Keseruan PKKMB Unair 2023

Keseruan PKKMB UNAIR 2023

VOKASI NEWS – PKKMB UNAIR 2023 adalah salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh Mahasiswa Baru untuk mengenalkan kehidupan kampus dan menanamkan cinta almamater Universitas Airlangga kepada mahasiswa baru.

PKKMB 2023

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Airlangga pada tanggal 16 hingga 26 Agustus 2023. Macam-macam serangkain kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia Universitas Airlangga. Kegitan ini layaknya menjadi gerbang awal mahasiswa baru mengenal lebih dekat seputar Universitas Airlanga.

AMERTA

AMERTA (Angkatan Muda Ksatria Airlangga) merupakan serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru di lingkup universitas yang bertujuan untuk menanamkan cinta almamater Universitas Airlangga kepada mahasiswa baru.

Dengan jargon Ksatria Airlangga yang dijawab dengan hentakan “Bhakti Kami Abadi untuk Negeri” akan semakin membuat mahasiswa baru siap berkontribusi untuk almamater dan Indonesia.

Hari pertama acara hingga akhir acara disambut dengan hangat oleh kating Universitas Airlangga dan menyediakan segala perlengkapan saat ospek fakultas maupun prodi. Acara yang sangat meriah dengan Rektorat Universitas Airlangga yaitu Prof Dr. Mohammad Nasih yang memperkenalkan dosen-dosen seluruh fakultas dan ketua BEM fakultas.

Ribuan mahasiswa baru Universitas Airlangga dihari pertama tampak sangat antusias sekali, mereka bahkan telah memadati Airlangga Convention Center (ACC) untuk mengikut Pembukaan PKKMB UNAIR 2023.

Dengan mengenakan pakaian putih dan dibalut setangan leher merah putih, mereka langsung memposisikan diri dan duduk sesuai dengan barisan fakultasnya masing-masing. Keriuhan itupun menjadikan ACC bak lautan putih tak bercelah. Bukan UNAIR namanya kalua tidak menghadirkan keseruan dalam setiap kegiatannya.

Rangkaian Kegiatan PKKMB UNAIR 2023

Berikut ini ada beberapa rangkaian kegiatan PKKMB UNAIR 2023

  1. Kehadiran Rektor, Wakil Rektor, dan Dekan yang menggunakan pakaian kaos sopan dan dilapisi jas rapi. Mereka dipanggil satu persatu untuk menaiki panggung, mereka hadir seketika disambut sangat meriah oleh mahasiswa baru Angkatan 2023
  2. Momen saat menggunkan almamater dan mutz

Momen ini dilakukan sesuia rektorat memakaikan secara simbolis almamater dan mutz kepada perwakilan mahasiswa. Kemudian diikut mahasiswa lainnya menggunakan almamater dan mutz.

  1. Panggung komika

Tidak melulu serius, panggung PKKMB justru berubah menjadi riuhan gelak tawa Ketika salah satu mahasiswa baru diminta untuk memberikan sambutan oleh rektor. Awalnya, rektor memberikan tantangan untuk menyembutkan lima belas teman baru yang ia dapatkan di UNAIR. Tanpa berpikir mahasiswa tersebut pun justru melontarkan guyonan yang mengocok perut seluruh hadirin di kegitan tersebut.

  1. Ponser dadakan

PKKMB juga menjadi panggung dadakan bagi mahasiswa baru yang ingin menunjukan suara indah mereka. Alhasil terdapat empat orang mahasiswa yang maju dan membawakan dua buah lagu, yaitu Tak Segampang Itu milik Anggi Marito dan Kangen milik Dewa 19. Sontak saja panggung PKKMB berubah menjadi konser dadakan. Hal itu dikuatkan Ketika rector meminta untuk seluruh hadirin menyalakan lampu flash di handphone-nya masing-masing dan mematikan lampu ruangan. Dendangan dua lagu itu pun membuat seluruh ruangan ikut bernyanyi.

Kegitan dilanjutkan dengan mengenal seluk beluk kampus. Mulai dari Sejarah, lokasi kampus, fakultas, unit kegitan mahasiswa (UKM), dan masih banyak lagi. Setiap materi PKKMB disampaikan oleh dosen yang berbeda.

Kegiatan Candradimuka

Kegiatan Candradimuka merupakan salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan. Hal ini dikarenakan para mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa Garuda. Dalam setiap Garuda dibagi menjadi beberapa Ksatria yang terdiri dari 15 sampai 20 mahasiswa baru. Tiap Ksatria didampingi oleh seorang pendamping yang berasal dari kakak tingkat di universitas.

PKKMB Fakultas

Kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan di setiap fakultas masing-masing. Tugas yang diberikan pada ospek kali ini berasal dari fakultas dan prodi masing-masing seperti membuat ID card, rangkuman materi, menghafal beberapa lagu, dan masih banyak lagi.

Amerta Abhiseka

Rangkaian kegiatan ditutup dengan Amerta Abiseka pada tanggal 26 Agustus 2023 dengan penampilan special dari grup band dan beberapa penampilan dari UKM UNAIR.

Penulis: Maya Alvia

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!