VOKASI UNAIR

Ratusan Sampel Hasilkan Pengetahuan dan Pengalaman Berharga Selama 15 Hari di Laboratorium

VOKASI NEWS – Merajut pengalaman dan pengetahuan selama jangka waktu 15 hari, kelompok 3 D-III Paramedik Veteriner berada di garis depan bidang kedokteran hewan, menghasilkan ratusan sampel setiap harinya. Mereka bekerja dengan tekun dan dedikasi tinggi di Laboratorium Keswan dan Laboratorium Kesmavet di Malang.

Memanfaatkan Peluang Belajar di Laboratorium Keswan

Laboratorium Keswan, yang berfokus pada Kesehatan Hewan, memberikan peluang bagi mahasiswa untuk melakukan pengujian sejumlah sampel yang berkaitan dengan kesehatan hewan. Dengan sampel yang mencapai hingga 500 per hari, mahasiswa berhadapan langsung dengan berbagai kasus dan tantangan, memperdalam pengetahuan mereka tentang serologi dan parasitologi darah.

Dengan disiplin waktu yang ketat, mahasiswa tidak hanya belajar bagaimana menerapkan pengetahuan mereka dalam praktek, tetapi juga bagaimana bekerja dengan efisiensi dan efektivitas. Mereka melakukan pengamatan mikroskopis dan menganalisis data, memberikan kontribusi penting dalam mendeteksi adanya penyakit pada hewan.

Hasilkan Ratusan Sampel Guna Berkontribusi di Laboratorium Kesmavet

Di Laboratorium Kesmavet, atau Kesehatan Masyarakat Veteriner, mahasiswa bekerja dalam pengujian produk bahan pangan asal hewan serta non pangan asal hewan. Mereka berkontribusi dalam menjaga kesejahteraan pangan masyarakat, memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat.

Dengan pengujian berbagai produk, mulai dari susu, telur, daging, hingga produk olahan seperti yoghurt, UHT, pasteurisasi, keju, dan bakso, mahasiswa mengasah keterampilan mereka dan memahami lebih dalam tentang proses sterilisasi alat dan bahan yang menunjang pengujian.

Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi mahasiswa, pelajar SMK, Dokter Hewan, hingga paramedis yang bekerja bersama dalam menghasilkan ratusan sampel ini. Mereka belajar bagaimana bekerja sebagai satu tim, menyelesaikan tantangan bersama, dan membangun keakraban. Dan yang terpenting, mereka mengambil inspirasi dari pengalaman mereka, memahami bahwa dunia kerja veteriner memiliki peran penting dalam melindungi dan mensejahterakan hewan dan manusia.

Penulis: Intan Kusuma Wardani

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!