VOKASI UNAIR

Seminar Nasional K3 Hadirkan KADISNAKER, Malaysia, dan Thailand Dalam Pemeriahan Acara

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kembali adakan kegiatan Seminar Nasional K3 yang berlangsung pada Minggu (8/10/2023). Kegiatan ini bertempat di Ballroom Choice City Hotel BG Junction, Surabaya.

Kegiatan Seminar Nasional K3 ini merupakan rangkaian acara tahunan dari HIMA K3 yang kali ini mengusung tema “Manajemen Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk Mencapai Zero Accident dan Meningkatkan Produktivitas Pekerja pada Era Revolusi Industri 5.0”. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk memberikan kesadaran kepada mahasiswa maupun masyarakat umum terkait pentingnya budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja guna mendukung terwujudnya poin SDGs.

Kolaborasi Internasional dalam Meningkatkan Kesadaran K3

HIMA K3 berkolaborasi dengan Dr. Mirta Widia dari Universiti Malaysia Pahang (UMP) dan Bapak Susatyo Adi Wibowo, Kepala Industrial Hygienist di ExxonMobil Cepu Limited. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur sebagai keynote speaker. Tidak hanya itu, beberapa mahasiswa dari Malaysia dan Thailand juga turut hadir, serta 237 peserta nasional yang menjadikan acara ini semakin meriah.

Dalam sambutannya, Dr. Mirta Widia mengungkapkan pentingnya perspektif faktor manusia dalam pencegahan kecelakaan di era Revolusi Industri 5.0. Sedangkan Bapak Susatyo Adi Wibowo membahas tantangan kesehatan kerja pada teknologi modern saat ini. Materi yang disampaikan memberikan wawasan yang luas kepada peserta, yang juga aktif berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi, terutama dalam sesi tanya jawab. Mereka mencatat dan memperoleh pengetahuan baru seputar Keselamatan dan Kesehatan Kerja di era Revolusi Industri 5.0. Selain itu, acara ini memberikan kesempatan untuk mempererat hubungan antara mahasiswa, tamu undangan, dan peserta lainnya.

Dengan suksesnya Seminar Nasional K3 5.0, diharapkan partisipan dapat membawa wawasan dan pengalaman baru dalam dunia Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Selain itu, acara ini juga menjadi momentum untuk memperkuat hubungan antar mahasiswa dan membuka peluang kerja sama di masa depan.

Penulis: Zahrotun Nurlita

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah (Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga)

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!