VOKASI UNAIR

Prof. Dian Yulie Reindrawati, Guru Besar Pertama dari Fakultas Vokasi UNAIR

Guru Besar Pertama di Lingkungan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Guru besar pertama dari Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) telah dikukuhkan.

Rabu (18/10) merupakan hari yang membanggakan bagi FV UNAIR. Bagaimana tidak, tepat pada hari itu telah lahir guru besar (gubes) pertama di lingkungan Fakultas Vokasi UNAIR. Prof. Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., M.M., Ph.D, CHE, telah resmi dikukuhkan sebagai gubes. Perempuan yang dulu mengenyam pendidikan S1 di Administrasi Negara Universitas Airlangga itu, kini menekuni bidang Ilmu Manajemen Kepariwisataan. Adapun melalui bidang keilmuan itu, Prof. Dian Yulie Reindrawati pun menelurkan rekomendasi dengan mengangkat topik “Teaching Factory (Tefa) Berbasis Komunitas Pada Kampung Wisata sebagai Aktualisasi Pembelajaran Vokasional.”

Gagasan dan Rekomendasi

Guru besar pertama FV UNAIR itu memberikan sumbangsih gagasan berupa sinergitas antara pembelajaran vokasional dengan pembelajaran berkelanjutan. Sinergitas itu bisa terwujud melalui penerapan teaching factory berbasis komunitas. Adapun ide dan gagasan Prof. Dian Yulie Reindrawati itu difokuskan pada komunitas kampung wisata.

Dalam orasi ilmiahnya di hadapan Rektor dan Civitas Akademika Universitas Airlangga, Prof. Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., M.M., Ph.D, CHE memberikan rekomendasi berharga bagi masyarakat. Khususnya, bagi pemangku kebijakan, juga bagi para pendidik.

“Dengan demikian, mohon izin memberikan kesimpulan dan rekomendasi bahwa sinergi antara pembelajaran vokasional di Tefa berbasis komunitas di kampung wisata bukan hanya merupakan model pendidikan yang inovatif, tapi juga merupakan langkah yang penting dalam pengembangan komunitas yang berkelanjutan,” jelasnya dalam orasi ilmiah pada Rabu (18/10).

Pada kesempatan itu, gubes pertama FV memberikan rekomendasi untuk membangun sinergi agar pembelajaran vokasional di Tefa berbasis komunitas di kampung wisata dapat menjadi langkah penting dalam pengembangan komunitas berkelanjutan.

Apresiasi dari Dekan Fakultas Vokasi UNAIR

Diraihnya gelar guru besar pertama di lingkungan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga membuat Dekan Fakultas Vokasi bangga. Momen pengukuhan guru besar Prof. Dian Yulie Reindrawati, S.Sos., M.M., Ph.D, CHE menjadi ajang untuk memompa semangat para dosen. Dekan FV berharap dengan dikukuhkannya gubes pertama, dapat menjadi motivasi bagi rekan sesama dosen di Fakultas Vokasi.

“Prof. Dian sebagai profesor pertama dari Fakultas Vokasi Unair, semoga segera menyusul GB lainnya,” jelas Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, Drh., M.Kes., – Dekan Fakultas Vokasi UNAIR.

Harapannya, nantinya akan lahir guru besar baru yang membanggakan di lingkungan Fakultas Vokasi UNAIR.

***

Penulis : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

 

[BACA JUGA: Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal]

 

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!