VOKASI UNAIR

Strategi Manajemen Perkantoran Digital dalam Mempertahankan Eksistensi Bisnis

Ilustrasi jebolan manajemen perkantoran digital

VOKASI NEWS – Manajemen perkantoran adalah upaya pengarahan pada aktivitas atau kegiatan ketatausahaan dari suatu kantor secara menyeluruh, terutama bagi eksistensi bisnis saat ini. Hal tersebut bertujuan agar bisa mencapai hasil seefisien mungkin dan harus diadakan penataan agar pekerjaan ini bisa dilakukan dengan baik. Hal ini berfokus pada peningkatan produktivitas, efisiensi, dan kondisi kerja di dalam kantor. Manajemen ini melibatkan berbagai tanggung jawab, termasuk pengaturan anggaran dan komunikasi internal, pembangunan lingkungan yang hangat dan nyaman, serta penyambutan pengunjung dan karyawan baru.

Ketika membahas manajemen perkantoran, segala aspeknya pasti akan berhubungan dengan kinerja dalam sebuah kantor. Kata kuncinya adalah efisiensi dan efektivitas. Dalam arti pengelolaan bisnis yang baik, adanya kontrol atas seluruh kegiatan kantor, karyawan yang bahagia, dan koordinasi semua kegiatan perusahaan. Pada intinya, manajemen kantor menjadi bagian penting bagi suatu organisasi ataupun perusahaan. Hal ini berfungsi untuk melancarkan jalannya kegiatan kantor dalam bidang bisnis maupun bidang lainnya.

Manajemen Perkantoran Digital

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, eksistensi bisnis tidak lagi hanya ditemukan oleh produk atau layanan yang ditawarkan. Manajemen perkantoran digital telah menjadi kunci utama dalam memastikan kelangsungan dan pertumbuhan bisnis. Banyak strategi penting yang dapat membantu bisnis untuk mempertahankan eksistensinya di era digital yang kompetitif ini. Salah satunya yaitu integrasi sistem perkantoran digital. Hal tersebut mencakup penggunaan perangkat lunak yang memungkinkan kolaborasi, komunikasi, manajemen proyek, dan analisis data. Dengan hal tersebut, tim dalam perusahaan dapat bekerja lebih efisien sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Selain itu, fokus pada pengalaman pelanggan juga sangat berkaitan dengan eksistensi bisnis. Manajemen perkantoran digital harus memprioritaskan layanan yang lebih baik, respons yang lebih cepat terhadap masalah pelanggan, dan kemudahan dalam berinteraksi dengan perusahaan melalui platform digital. Jadi, bisnis yang menerapkan strategi-strategi ini akan lebih mampu untuk mempertahankan eksistensinya, bersaing, dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.

BACA JUGA: Manajemen Perkantoran Digital di Era Industri 5.0 dan IoT

***

Penulis: Faizza Humaira Putri Santoso

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!