VOKASI UNAIR

Sistem Imun: Definisi, Respon, Kelainan, Dampak, dan Tips

VOKASI NEWS – Sistem imun merupakan bentuk pertahanan alami pada tubuh manusia yang berguna untuk melawan berbagai penyakit yang berasal dari virus atau parasit. Oleh karena itu ketika sistem imun melemah maka tubuh akan menjadi sakit.

Respon Sistem Imun

Respon kerja imun ketika melawan infeksi dalam tubuh manusia dapat ditandai ketika adanya peningkatan suhu tubuh atau demam. Peningkatan suhu tubuh ini merupakan respon sistem kekebalan yang bekerja untuk membunuh mikroba yang ada dalam tubuh. Selain itu demam juga dapat memicu proses perbaikan tubuh. Bagian penting pada sistem imun meliputi :

  1. Sel darah putih
  2. Antibodi
  3. Sistem komplemen
  4. Sistem limfatik
  5. Limfa
  6. Sumsum tulang
  7. Timus

Kelainan Sistem Imun

Pada beberapa orang memiliki kekebalan tubuh yang berlebihan. Aktivitas sistem kekebalan yang berlebihan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, yaitu

  1. penyakit alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh memberikan respons yang terlalu kuat terhadap alergen. Beberapa contoh alergi yaitu dermatitis, asma, dan alergi terhadap obat-obatan atau makanan
  2. Penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh meningkatkan respon terhadap sel-sel sehat yang ada pada tubuh. Salah satu contoh penyakit autoimun adalah lupus

Dampak Memiliki Sistem Imun Yang Kuat

Maka dari itu sangat penting untuk tetap menjaga sistem imun tetap kuat, dengan begitu tubuh akan tetap sehat ketika imun kuat. Beberapa manfaat yang didapat ketika sistem imun kuat antara lain :

  • Sedikit infeksi

hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang kuat berperan penting dalam melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan sel darah putih, protein, dan bahan kimia lainnya untuk menyerang dan menghancurkan zat penyebab penyakit.

  • Merasa lebih sehat

Sistem kekebalan tubuh akan menciptakan penghalang untuk menghentikan bakteri atau virus yang menular memasuki tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

  • Luka akan cepat sembuh

Orang dengan sistem kekebalan yang lebih kuat cenderung pulih lebih cepat dari cedera karena sistem kekebalan merangsang proses penyembuhan. Beberapa orang yang imunitasnya buruk mungkin memerlukan waktu lebih lama

  • Mengurangi Kelelahan

Ketika sistem kekebalan tubuh kuat, rasa lelah pada tubuh akan berkurang. Salah satu hal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah olahraga fisik. Saat berolahraga, tubuh akan melakukan banyak gerakan. Sistem kekebalan tubuh yang buruk dapat membuat tubuh menjadi lebih lemah.

Menjaga Sistem Imun

Karena pentingnya peran dari imun maka sama seperti bagian tubuh lainnya, imun dalam tubuh membutuhkan nutrisi, istirahat, dan lingkungan yang sehat agar tetap kuat. Perubahan gaya hidup tertentu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu tubuh untuk menghindari penyakit. Agar sistem imun tetap kuat, beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Berhenti merokok.
  2. Menurunkan berat badan atau mempertahankan massa tubuh yang sehat.
  3. Makan makanan sehat yang mencakup banyak buah-buahan dan sayuran.
  4. Hindari alkohol.
  5. Tidur yang cukup.
  6. Berolahraga secara teratur.
  7. Sering mencuci tangan.
  8. Cobalah untuk mengurangi stres dan fokus pada kesehatan pikiran atau tubuh
  9. Pastikan  mendapatkan informasi terkini tentang vaksin.

Penulis : Maria Sangri Kinanti

Dosen Pembimbing : Nur Septia Handayani

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!