VOKASI UNAIR

Bagaimana Peran Fisioterapi Pada Ibu Hamil dan Melahirkan? Inilah Jawaban Atas Pertanyaan Itu

Peran fisioterapi dalam memandu latihan bagi ibu hamil/gambar kiriman dari penulis

VOKASI NEWS – Peran fisioterapi terhadap ibu hamil dan setelah melahirkan.

Kehamilan adalah fertilisasi atau penyatuan spermatozoa dan ovum, dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi. Dihitung saat fertilisasi hingga lahirnya bayi, kehamilan normal akan berlangsung dalam waktu 40 minggu (10 bulan atau 9 bulan). Menurut kalender internasional kehamilan terbagi dalam 3 trimester. Adapun trimester kesatu berlangsung dalam 12 minggu. Trimester kedua 15 minggu (minggu ke-13 dan minggu ke-27), dan trimester ketiga 13 minggu (minggu ke-28 hingga minggu ke-40).

[BACA JUGA: Era Baru Pencitraan MRI Brain dengan Deep Learning Reconstruction]

Masa kehamilan adalah masa yang ditunggu setiap pasangan. Masa kehamilan juga menjadi penentu untuk kesehatan janin atau bayi yang akan dilahirkan. Akan tetapi kebanyakan masyarakat Indonesia terlalu berfokus kepada nutrisi bayi. Namun, abai akan kesehatan ibu hamil. Sudah banyak kasus terkait kesehatan ibu baik secara fisik dan mental yang terganggu selama kehamilan.

Pada masa kehamilan ibu mengalami perubahan horman dalam tubuhnya. Serta perubahan anatomi dan biomekanik seperti bertambahnya berat badan, tulang panggul yang membesar serta kondisi punggung bawah terlalu hiperlordosis. Perubahan tersebut memiliki dampak pada ibu hamil seperti rasa tidak nyaman, nyeri punggung bawah atau gangguan perkemihan. Muncul juga gangguan musculoskeletal lainnya. Keluhan paling besar dirasakan adalah nyeri punggung bawah diikuti nyeri pada area pergelangan kaki dan gangguan perkemihan.

Saat masa kehamilan ibu mengalami perubahan horman dalam tubuhnya. Serta perubahan anatomi dan biomekanik seperti bertambahnya berat badan, tulang panggul yang membesar serta kondisi punggung bawah terlalu hiperlordosis. Perubahan tersebut memiliki dampak pada ibu hamil seperti rasa tidak nyaman, nyeri punggung bawah atau gangguan perkemihan. Muncul juga gangguan musculoskeletal lainnya. Keluhan paling besar dirasakan adalah nyeri punggung bawah diikuti nyeri pada area pergelangan kaki dan gangguan perkemihan.

Latihan Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil mengatasi nyeri dengan mengkonsumsi obat anti nyeri. Akan tetapi, ada beberapa kekhawatiran pada ibu hamil saat mengkonsumi obat akan berpengaruh pada janin. Maka dari itu, peran fisioterapi dibutuhkan saat antenatal (kehamilan) dan postnatal (setelah melahirkan). Fisioterapis memegang peranan penting selama fase kehamilan. fisioterapis memberikan beberapa latihan. Diantaranya ialah exercise, massase dan senam untuk ibu hamil yang bertujuan untuk mengatasi gangguan muskuloskeletal selama kehamilan. Tidak hanya itu, menjaga kebugaran dan ketahanan kardiovaskular, menjaga berat badan dan menjaga kondisi psikologis.

Contoh Latihan Fisioterapi untuk Ibu Hamil

Apa saja contoh latihan yang fisioterapi berikan saat masa kehamilan?

  1. Tummy tightener
  • posisi terlentang
  • tarik nafas dan kembungkan perut dan tahan selama 5 detik lalu hembuskan. ibu hamil bisa meletakkan tangan di perut untuk merasakan perut yang mengembang saat menarik nafas.
  1. Pelvic tilt
  • berbaring terlentang dengan kedua lutut menekuk.
  • rotasikan panggul kearah anterior dan posterior atau meninggikan kurva punggung bawah dan menekan punggung bawah.

 

  1. knee rocking
  • terlentang dengan kedua kaki menekuk
  • putar kaki kearah kanan dan kiri secara bergantian
  • ulangi gerakan 15 x 3 repetisi

Gerakan diatas hanyalah beberapa contoh dari exercise atau latihan yang diberikan oleh fisioterapis untuk ibu hamil.

Kapan ibu hamil harus ke fisioterapis?

Tidak harus menunggu adanya keluhan baru ke layanan fisioterapi. fisioterapi memberikan layanan sebagai bentuk promotof, preventif dan rehabilitative. jadi ibu haml bisa datang sejak trimester pertama kehamilan untuk mencegah beberapa komplikasi akibat perubahan bentuk fisik dan perilaku selama kehamilan serta fisioterapi membentu ibu hamil menguatkan otot dasar panggul sebagai periapan ibu hamil saat melahirkan.

Demikian peran fisioterapi yang diperuntukkan bagi ibu hamil.

***

Penulis             : Arrijal Budi Abdillah

Pembimbing    : Imam Subadi, Dimas Aji Prayitno

Program studi : Fisioterapi

Editor              : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!