VOKASI UNAIR

TRANKESTRA “Mengubah Pengetahuan Menjadi Aksi dalam Mengatasi Asam Urat dan Hipertensi” oleh Hima Pengobat Tradisional

Foto kegiatan Trankestra/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Trankestra merupakan program pengabdian masyarakat ala Hima Pengobat Tradisional.

Sabtu (14/10/2023) Himpunan Mahasiswa Pengobat Tradisional Universitas Airlangga melakukan aksinya dalam kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas). Bertempat di Kelurahan Sumur Welut Kecamatan Lakarsantri, pengmas itu dilakukan untuk memberikan perubahan baru pada warga daerah tersebut. Menurut data yang didapat dari puskesmas setempat, banyak warga yang mengeluhkan asam urat dan hipertensi. Oleh karena itu Mengubah Pengetahuan Menjadi Aksi dalam Mengatasi Asam Urat dan Hipertensi adalah tema yang dibawa. Hal itu sebagai langkah awal dari HIMA Pengobat Tradisional untuk membantu warga dalam pertolongan pertama pada penderita Asam urat dan hipertensi.

[BACA JUGA: IMA: Infark Miokard Akut, Gangguan Aliran Darah ke Jantung]

Akupuntur Solusi Alternatif Masalah Asam Urat dan Hipertensi

Trankestra mengundang dua pembicara hebat dalam bidangnya yakni dr. Yudhi Perdana,Dipl,Akp,CM,Derm dan Ibu Rini Hamsidi, S.Farm., M.Farm., Apt. Dalam materinya menjelaskan bahwa akupunktur dapat menangani masalah asam urat dan hipertensi. Tidak hanya itu, dr. Yudhi juga memberikan informasi area-area titik akupresur agar warga bisa menerapkannya secara mandiri dirumah. Selain melakukan terapi akupunktur juga pencegahan dilakukan dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan karbohidrat kompleks.

Sementara itu Ibu Rini selaku pembicara kedua memberikan pengetahuan melalui tanaman herbal yang bisa mengatasi asam urat dan hipertensi salah satunya adalah Teh rosella yang sekaligus diberikan tata cara pembuatan teh rosella yang baik dan benar. Cara membuatnya cukup mudah, bunga rosella dikeringkan, kemudian rebus dengan air mendidih, tambahkan perasan jeruk dan daun kemangi. Sebelum dikonsumsi tambahkan gula secukupnya. dengan harapan, masyarakat dapat memanfaatkan obat tradisional sebagai pencegahan penyakit tambahnya.

foto kegiatan pengmas HIMA Pengobat Tradisional UNAIR/dokumen istimewa

foto kegiatan pengmas HIMA Pengobat Tradisional UNAIR/dokumen istimewa

Dari serangkaian kegiatan pengmas ini, warga sangat antusias berpartisipasi sampai acara selesai. Sebagai bentuk pengenalan kompetensi yang ada di Battra, pengmas ini memberikan pengecekkan tekanan darah dan asam urat serta terapi akupunktur secara gratis kepada warga sumur welut. Sontak, warga pun memberikan komentarnya “kaki saya terasa ringan iki mbak habis ditusuk jarum” begitu ujarnya.

***

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!