VOKASI UNAIR

Hidupkan Minat Baca Anak Melalui Ular Tangga Kecerdasan di Taman Bacaan Keli

VOKASI NEWS – Minat baca anak-anak seringkali tergeser oleh perangkat elektronik dan media sosial yang menarik. Untuk mengatasi tantangan ini, program-program inovatif perlu dikembangkan untuk memperkenalkan anak-anak pada kegiatan membaca yang menarik dan menyenangkan.

Salah satu program yang menarik yang sedang kelompok 6 mata kuliah minat baca D3 Perpustakaan Universitas Airlangga buat adalah “Ular Tangga Kecerdasan” yang diimplementasikan di Taman Bacaan Masyarakat Keli yang berlokasi di Jl. Mojoklanggru 2/2 Surabaya. Dalam program ini, permainan ular tangga digunakan sebagai alat untuk membangkitkan minat baca anak-anak dan meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia literasi.

Ular Tangga Kecerdasan adalah konsep permainan papan yang memadukan kesenangan bermain dengan pembelajaran yang bermanfaat. Permainan ini melibatkan anak-anak dalam pengalaman belajar yang mendalam, sambil memberikan kesempatan untuk meningkatkan literasi dan keterampilan berpikir kritis. Mengapa Ular Tangga Kecerdasan? Karena, ular tangga kecerdasan dapat menggabungkan keseruan dan pembelajaran, meningkatkan literasi, dan dapat meningkatkan interaksi sosial. 

Taman bacaan keli merupakan tempat yang luar biasa untuk menginspirasi anak-anak untuk mencintai membaca. Dengan memasukkan program-program seperti Ular Tangga Kecerdasan ini, kita dapat membantu anak-anak memulai perjalanan literasi yang mendalam, memberi mereka alat yang mereka butuhkan untuk menjadi pembaca yang cerdas dan berpengetahuan. Ini adalah upaya kolaboratif untuk memperkaya masa depan generasi yang cerdas dan berpengetahuan.

Mendorong minat baca anak-anak bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan program berbasis permainan seperti ular tangga kecerdasan, kita dapat memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak. Dengan terus mengembangkan ide-ide baru kita dapat menciptakan generasi yang gemar membaca, berpengetahuan dan penuh dengan imajinasi yang tak terbatas

Pelaksana Program: Adellia Transilvania, Anindia Ulhak, Vivi Fatimatuf Fitriah, dan Ananda Puteri Sayyidina

Editor: Muhamamd Duiqi Alfiansyah – Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!