VOKASI UNAIR

Temui Kosakata Lewat Implementasi Program Minat Baca di Kebun Literasi (KELI)

VOKASI NEWS – (06/10/23) Mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga telah sukses melaksanakan Program Minat Baca bersama anak-anak di Kebun Literasi (KELI), Mojoklanggru, Gubeng. Program Minat Baca berisi kegiatan yang dikemas dalam permainan edukatif bernama “Literation Block”. Program ini sebagai pemenuhan tugas Ujian Tengan Semester dari Mata Kuliah Minat Baca, dengan harapan setelah melaksanakan progam ini dapat menumbuhkan minat baca anak.

Literation Block: Temukan Kosakata Baru

Media yang digunakan adalah papan permainan menggunakan poster berukuran A3 berisi desain blok abjad secara berurutan. Teknis permainan “Literation Block” sama halnya seperti permainan ular tangga yang menjalankan bidak di atas papan permainan dari blok Start hingga Finish. Bidak berjalan melewati blok berisi abjad A-Z dan berhenti sesuai dengan hasil dadu yang mereka lempar.

Selain itu, pemain juga diberi tantangan di setiap pemberhentian blok abjad, mereka harus menyebutkan kosakata dari hewan, buah, benda, negara dll. huruf awal kosakata sesuai dari blok abjad yang mereka pijak.

Program dimulai setelah azan Isya berkumandang, yang mana cocok dengan aktivitas anak-anak sebagai pengganti waktu mereka belajar individu di rumah. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dasar serta melatih daya pikir anak untuk menjawab pertanyaan.

Setidaknya terdapat 20 anak-anak dan 8 karang taruna muda yang hadir. Turut berpartisipasi juga ketua RT setempat dan KPS D3 Perpustakaan, Dessy Harisanty, S.Sos. M.A. untuk mengawasi berlangsungnya program.

Anak-anak di KELI sangat antusias mengikuti dan bermain “Literation Block”. Bahkan sampai ada beberapa anak yang aktif menyebutkan lebih dari 1 kosakata. Mereka secara terus-menerus mengangkat tangannya untuk ditunjuk oleh kakak pendamping agar mereka bisa menyebutkan nama-nama yang mereka pijaki pada permainan “Literation Block”.

“Permainan ini berguna dan seru soalnya aku jadi tau nama-nama (kosakata) hewan, buah-buahan, benda, dan  lain-lain,” ucap testimoni bimbim.

Penulis: Zahra Maulidya Mayasi

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah – Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!